kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah Teruji Klinis, Ini 5 Kegunaan Buah Kiwi untuk Tubuh


Jumat, 17 Februari 2023 / 17:45 WIB
Sudah Teruji Klinis, Ini 5 Kegunaan Buah Kiwi untuk Tubuh


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian untuk diketahui. Selain itu, manfaat buah kiwi untuk kesehatan juga teruji secara klinis.

Banyak manfaat buah kiwi tak lepas dari kayanya kandungan nutrisi buah tersebut. Contohnya seperti, protein, serat, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Selain itu, buah kiwi juga mempunyai bentuk yang cukup unik. Bentuknya menyerupai telur ayam dengan bulu-bulu harus dipermukaan kulitnya. Rasanya yang khas juga tak jarang buah kiwi kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga penyedap rasa.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh? Cek Yuk!

Lantas apa saja manfaat buah kiwi untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, berikut manfaat buah kiwi untuk kesehatan, di antara:

1. Membantu Meringankan Gejala Asma

Buah kiwi mempunyai manfaat yang dapat membantu meringankan gejala asma. Pasalnya, buah kiwi mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat meredakan atau meringankan beberapa gejala penyakit asma.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Cek Ya!

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah kiwi lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah kiwi secara rutin dapat mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol jahat. 

Selain itu buah kiwi juga efektif dalam mengontrol tekanan darah. Oleh sebab itu, buah kiwi baik untuk kesehatan jantung karena dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Catat Ya 5 Gejala Anemia yang Paling Umum Dialami, Wajib Tahu!

3. Melancarkan Pencernaan

Buah kiwi adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak serat. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah kiwi secara rutin juga mampu melancarkan sistem pencernaan. Buah kiwi juga kaya akan protein sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kiwi yang tak kalah penting selanjutya yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah kiwi kaya akan nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh seperti vitamin C, E, K dan folat, serta karotenoid, serat dan fitokimia.

Dilansir dari BBC, studi menunjukkan buah kiwi dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan berpotensi mengurangi kejadian, keparahan pilek hingga gejala mirip flu pada kelompok rentan seperti orang tua dan anak-anak.

Baca Juga: Cek Ya 6 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

5. Mengandung Banyak Antioksidan

Buah kiwi mempunyai banyak antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya kaya akan nutrisi dan fitokimia yang memiliki sifat antioksidan ini membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan sebagai hasilnya dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×