kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah Tahu 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? Simak Yuk!


Jumat, 03 Februari 2023 / 09:42 WIB
Sudah Tahu 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? Simak Yuk!
ILUSTRASI. Manfaat buah cempedak untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah cempedak untuk kesehatan tubuh termasuk salah satuh hal yang menarik untuk diketahui. Selain itu, manfaat buah cempedak untuk kesehatan juga sudah teruji secara klinis.

Buah cempedak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, vitamin C dan masih banyak lagi kandungan nutrisi dalam buah cempedak lainnya.

Melimpahnya nutrisi dalam buah cempedak tersebut, tak heran mengkonsumsi buah cempedak mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Simak Ya! 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Selain itu, buah cempedak juga memiliki rasa manis sehingga enak untuk dikonsumsi. Sekilas, buah cempedak juga hampir mirip dengan buah nangka. Bedanya, buah cempedak memiliki tekstur yang lebih lembut. 

Lantas apa saja manfaat buah cempedak untuk kesehatan?

Melansir dari Med India, berikut beberapa manfaat buah cempedak untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah cempedak mengandung antioksidan, serat dan kaya vitamin C yang berperan aktif menjaga kesehatan jantung. Selain itu, buah cempedak juga mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

Baca Juga: Catat Ya! 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

2. Meredakan Infeksi Saluran Kemih

Mengkonsumsi buah cempedak juga bermanfaat untuk meredakan infeksi saluran kemih. Pasalnya, buah cempedak mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang membantu dalam memerangi infeksi saluran kemih.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, mengkonsumsi buah cempedak juga mampu menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan buah cempedak mengandung banyak vitamin A yyang membantu menjaga kesehatan mata dan menjaga kesehatan kornea.

Baca Juga: Simak Ya! Ini 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengontrol Obesitas

Buah cempedak juga mengandung banyak serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sehingga mengkonsumsi buah cempedak juga mampu mengontrol obesitas karena kandungan kalori dan lemak yang rendah dalam buah cempedak tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain mampu mengontrol obesitas, melimpahnya kandungan serat dalam buah cempedak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Sehingga mengkonsumsi buah cempedak secara rutin mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Catat Yuk, 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

6. Mencegah Tumor

Manfaat buah cempedak untuk kesehatan selanjutnya juga tak kalah penting yaitu mampu mencegah tumor. Pasalnya, buah cempedak mengndung Artioindonesianidin, senyawa yang ada di kulit kayu dan buahnya, berpotensi mencegah pertumbuhan tumor.

7. Mengobati Malaria

Beberapa senyawa seperti artioindonesianidin dan heteriflavon C hadir dalam kulit dan buah cempedak juga bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan malaria.

Demikian beberapa manfaat buah cempedak untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×