O

Studi mengatakan vaksin Covid-19 aman digunakan wanita hamil

Sabtu, 15 Mei 2021 | 04:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Studi mengatakan vaksin Covid-19 aman digunakan wanita hamil


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sedang hamil? Jika iya, jangan ragu untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19. Jenis vaksin itu tidak berbahaya untuk kesehatan Anda dan janin dalam kandungan karena tidak merusak plasenta.

Plasenta adalah pembungkus janin yang berfungsi sebagai penyuplai oksigen saat paru-paru janin masih berkembang. Tidak hanya itu, plasenta juga bertugas untuk mengatur hormon dan sistem imun tubuh. 

Mengutip dari India TV (indiatvnews.com), plasenta memberi tanda pada tubuh Anda bahwa janin yang berkembang bukanlah benda asing penyebab masalah. Maka dari itu, keberadaan plasenta sangat penting saat Anda hamil.

Ada banyak orang yang beranggapan bahwa vaksin Covid-19 dapat mengganggu kesehatan janin dan ibu hamil. Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa hal itu tidak benar. Vaksin Covid-19 tidak merusak plasenta dan aliran darah ibu hamil sehingga masalah kesehatan pun bisa dihindari.

Baca Juga: Cara lapor efek samping vaksin covid-19 di keamananvaksin.kemkes.go.id

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam journal obstretics & gynecology melibatkan 84 plasenta pasien yang sudah divaksin dan 116 plasenta pasien yang belum divaksin. Melansir India TV, kebanyakan vaksinasi terjadi di trimester ketiga.

Selain tidak menemukan masalah pada aliran darah dan kondisi plasenta, peneliti juga tidak menemukan masalah chronic histiocytic intervillositis. Chronic histiocytic intervillositis adalah komplikasi plasenta akibat infeksi.

Baca Juga: Sebelum suntik vaksin Covid-19, lakukan hal-hal berikut demi pembentukan antibodi

Hal itu menunjukkan bahwa sebaiknya Anda tidak menunda jadwal vaksinasi. Jika ada masalah kesehatan yang Anda alami selama proses kehamilan, segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Jangan lupa pula untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Virus Corona. Hindari tempat-tempat dengan risiko penularan Virus Corona yang tinggi. Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan.

Selanjutnya: Inilah yang tidak boleh dilakukan sebelum suntik vaksin Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru