HOME

Startup Labpintar gelar swab antigen gratis untuk lansia

Selasa, 11 Mei 2021 | 18:03 WIB   Reporter: Dikky Setiawan
Startup Labpintar gelar swab antigen gratis untuk lansia

ILUSTRASI. Ilustrasi swab antigen. REUTERS/Ranita Roy 

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.-Perusahaan rintisan (startup) kesehatan labpintar.id bekerjasama dengan Rotary Club Jembatan Merah menggelar program sosial bertema gerakan #CintaLansia. Dalam program ini, Labpintar dan Rotary Club memberikan pemeriksaan gula, kolesterol, dan swab antigen gratis untuk 200 orang lanjut usia (lansia) di Griya Santo Yosef Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (8/5). 

Rotary club Jembatan Merah adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pelayanan sosial. Lembaga nirlaba ini memiliki enam fokus utama dalam melaksanakan program sosial mereka. Enam fokus tersebut adalah perdamaian, kesehatan, pendidikan, ibu dan anak, air bersih dan ekonomi.

Danson Yogastha, community manager LabPintar mengatakan, program pemeriksaan gratis ini digelar untuk membantu para kaum lansia dalam menjaga kesehatannya di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, dalam program sosial ini, Labpintar juga memberikan 10 box handschoon, 1 box masker, dan 1 box besar handsanitizer untuk stock APD panti lansia tersebut.

Selain itu, LabPintar juga menggandeng Pramita Lab untuk memberikan pemeriksaan kesehatan lanjutan untuk para lansia. "Masyarakat harus sadar bahwa penyakit bukan hanya Covid-19. Kita harus mulai melihat ke keluarga, jangan sampai komorbid menjadi pemberat hidup orangtua kita," ujar Danson dalam keterangan resminya, Selasa (12/5).

Jeffry Kusuma, President Rotary Club Jembatan Merah menyambut positif pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan LabPintar. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan di awal merupakan langkah pencegahan terbaik terhadap berbagai macam penyakit. "Kami berharap program peduli lansia seperti ini terus berlanjut. Banyak penyakit di luar Covid-19 yang jauh lebih berbahaya," katanya.

Layanan cek kesehatan

Danson menambahkan, untuk mengawal kesehatan masyarakat luas, LabPintar juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan di rumah. Dengan perawat-perawat yang telah terstandarisasi, layanan startup ini sudah dapat diakses di seluruh wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Pemeriksaan kesehatan yang disediakan LabPintar, antara lain, Swab PCR dan Swab antigen di rumah. Lewat pemeriksaan swab test di rumah, kata Danson, harapannya bisa menurunkan risiko terpaparnya pasien dari virus Covid-19. Sebab, pasien tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan tertentu untuk mendapatkan pemeriksaan dan berkumpul dengan pasien lainnya.

Proses pelaksanaan rapid test di rumah yang disediakan LabPintar hanya butuh waktu 30 menit. Setelah itu pasien sudah bisa mendapatkan surat keterangan hasil rapid test. Sedangkan proses swab test yang dilengkapi surat keterangan hasil pemeriksaan, diperlukan waktu 1 hari kerja. Saat ini Labpintar.id telah memproses lebih dari 2.000 sample pemeriksaan rapid test. 

Danson menjelaskan, layanan LabPintar sangat mudah di akses. Calon pasien tinggal membuka www.labpintar.id user bisa langsung memesan pemeriksaan apa yang diperlukan. Admin labpintar.id yang aktif sampai jam 11 malam pun akan mengkonfirmasi pesanan. "Perawat akan tiba di rumah pasien keesokan harinya," tandas Danson.

Selanjutnya: Kemenkes pastikan testing Covid-19 tidak berkurang selama bulan Ramadan

 

 

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru