kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Standar Asam Urat Normal, Cek Manfaat Buncis Untuk Asam Penderita Urat


Sabtu, 28 Januari 2023 / 04:50 WIB
Standar Asam Urat Normal, Cek Manfaat Buncis Untuk Asam Penderita Urat


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berapa standar normal asam urat wanita dan pria? Kenali juga manfaat buncis untuk asam urat.

Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat purin. Zat ini biasanya diproduksi di dalam tubuh dan juga bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan maupun minuman. Contohnya hati, ikan teri, ikan makarel, kacang-kacangan dan bir.

Sebagian besar kandungan asam urat larut dalam darah dan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui urin.Namun adakalanya tubuh kita memproduksi asam urat berlebihan sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan optimal. Jadi, berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Baca Juga: Yuk Catat! 5 Obat Asam Urat Alami yang Mudah Didapatkan

Dikutip dari WebMD, asam urat diukur dengan satuan mg/dL, sebagai perbandingannya dengan kadar darah. Standar asam urat normal untuk wanita yakni di bawah angka 6 mg/dL. Sedangkan standar asam urat normal pria yaitu 7 mg/dL.

Lebih dari angka tersebut, bisa dikatakan jika asam urat kita tergolong tinggi dan bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Manfaat buncis untuk asam urat

Manfaat buncis untuk asam urat menjadi buah bibir di masyarakat. Banyak orang yang menilai buncis adalah obat alami asam urat.

Kandungan buncis dipercaya bermanfaat bagus untuk penderita asam urat. Tak jarang, penderita asam urat disarankan makan buncis secara rutin.

Lalu, apa manfaat buncis untuk asam urat?

Baca Juga: 4 Jus Penurun Asam Urat Tinggi yang Bahannya Mudah Didapatkan

Manfaat buncis untuk asam urat

Buncis adalah salah satu sayuran yang bagus dikonsumsi penderita asam urat. Dilansir dari Sajiansedap.grid.id buncis adalah bahan alami yang bisa mengobati asam urat, termasuk gejalanya.

Menurut Timesofindia, makan buncis baik berupa sayuran dan jus bisa mengobati asam urat. Namun jus buncis jauh lebih efektif daripada makan buncis secara langsung dalam hal mengobati asam urat.

Jus yang diekstrak dari buncis mungkin tidak terasa enak, tetapi dapat membantu mengurangi gejala asam urat seperti pembengkakan dan nyeri.

Buncis bagus untuk asam urat karena termasuk sayuran dengan protein tinggi. Selain buncis, makanan yang mengandung protein nabati yang baik dikonsumsi penderita asam urat, adalah kacang polong dan lentil.

Selain mengandung protein tinggi, buncis, kacang polong dan lentis ini memiliki kadar purin yang rendah. Dengan demikian, konsumsi sayuran ini tetap aman bagi penderita asam urat.

Buncis tak hanya bagus untuk asam urat, tapi juga kesehatan tubuh secara umum. Pasalnya, buncis terkenal dengan sayuran yang memiliki kandungan kalori, serat, protein, karbohidrat, vitamin C, K, A, dan folat. Tidak hanya itu, buncis juga mengandung magnesium, zat besi, potasium, fosfor, hingga kalsium.

Pencegahan asam urat

Menurut Mayo Clinic, kadar asam urat yang tinggi bisa terjadi ketika ginjal tidak menghilangkan asam urat secara efisien. Hal-hal yang dapat menyebabkan perlambatan pembuangan asam urat ini dipengaruhi oleh makanan tertentu, kelebihan berat badan, diabetes, dan minum terlalu banyak alkohol.

Penyebab asam urat tinggi lainnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin atau tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.

Oleh karena itu, untuk pencegahan asam urat, sejak dini harus menjauhi makanan tinggi purin. Makan tinggi purin yang bisa menyebabkan kenaikan asam urat antara lain jeroan, daging merah, ikan, dan kandungan sirup jagung fruktosa.

Itulah standar normal asam urat dan manfaat buncis untuk penderita asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×