kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Solusi menghadapi anak tantrum


Selasa, 13 April 2021 / 04:00 WIB
Solusi menghadapi anak tantrum
ILUSTRASI. Solusi menghadapi anak tantrum


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Anak-anak biasanya belum bisa mengontrol emosinya dengan baik. Sering kali anak akan tantrum atau marah jika tidak merasa puas dengan sesuatu. 

Anak tantrum dan rewel tentu membuat orang tua juga ikut jengkel dan marah. Tidak jarang orang tua malah meluapkan amarah mereka kepada anak. 

Perilaku ini sangat tidak baik karena bisa mempengaruhi perkembangan emosi dan kesehatan mental mereka. 

Menurut Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), kata-kata kasar yang diucapkan saat orang tua marah bisa ditiru oleh anak di kemudian hari. 

Menggunakan kata-kata yang negatif justru akan menambah emosi negatif orang tua. 

Selain kata-kata kasar, kekerasan seperti memukul juga membahayakan anak. Kekerasan yang diterima anak sakan menyakiti baik mental dan fisik mereka. 

Baca Juga: 6 Emosi dasar manusia, orangtua perlu mengenalkannya ke anak-anak

Tips menghadapi anak yang tantrum

Merangkum dari Instagram Direktorat PAUD, ini hal-hal yang perlu dilakukan saat menghadapi anak yang tantrum diantaranya:

1. Terima apa saja emosi yang dirasakan saat menghadapi amarah anak. Simpan energi untuk mencari solusi yang baik dan efektif. 

2. Tanamkan pada diri bahwa anak yang tantrum bukan kondisi yang darurat dan mengancam selama masih bisa dihadapi dengan tenang dan tepat. 

3. Tenangkan diri dengan menarik napas panjang beberapa kali. 

4. Saat anak tantrum atau marah, mereka membutuhkan kehadiran orang tua baik secara fisik maupun emosional. Pastikan untuk menemani buah hati hingga mereka tenang. 

5. Anak yang tantrum sebenarnya sedang belajar mengungkapkan emosi namun belum tepat dan ini hal yang baik. Tugas orang tua adalah mengarahkan anak agar mereka bisa berekspresi dengan lebih tetap.

6. Berpikir lebih sederhana saat menghadapi anak yang tantrum. Kebanyakan anak marah, mereka hanya butuh ditenangkan dan didengarkan. 

7. Curahkan emosi Anda dengan cara lain seperti menulis di buku harian atau menceritakannya ke orang lain. Cara ini bisa membuat Anda lebih lega karena sudah mengeluarkan emosi tertentu.

Selanjutnya: Ini manfaat tidur yang cukup bagi buah hati, orangtua harus tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×