kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Ya! 7 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh yang Sudah Teruji


Minggu, 05 Februari 2023 / 09:05 WIB
Simak Ya! 7 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh yang Sudah Teruji


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berberapa manfaat jagung untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Selain itu, manfaat jagung untuk kesehatan juga sudah teruji oleh berbagai klinis.

Banyaknya manfaat jagung untuk kesehatan dikarenakan jagung mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jagung mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin C, vitamin E, vitamin A dan kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Selain itu jagung juga enak untuk dikonsumsi baik dengan cara direbus, bakar, atau bahkan diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tidak kalah lezat. 

Makanan olahan jagung tersebut seperti popcorn, keripik, sup, hingga dibuat juga sebagai penyedap rasa. 

Melansir dari The Indian Med, ada beberapa manfaat mengkonsumsi jagung dan baik untuk kesehatan. Di antaranya: 

1. Mencegah Kanker

Manfaat Jagung lainnya juga dikenal dapat mencegah kanker. Pasalnya, jagung mengandung antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya. Tidak hanya itu, kandung antioksidan dalam jagung juga bermanfaat menangkal berbagai radikal bebas.

Baca Juga: 7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Membantu Menambah Berat Badan

Jagung mengandung jumlah kalori yang tinggi, Oleh karena itu dapat digunakan untuk menambah berat badan dengan cepat. Biji-bijian ini dapat digunakan di negara-negara agraris karena dapat tumbuh di hampir semua jenis kondisi.

3. Mengandung Banyak Mineral

Jagung mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu jagung juga mengandung zat besi, zinc, fosfor, mangan, magnesium, dan bahkan selenium, yang tidak mudah ditemukan dalam makanan lain.

Magnesium dalam jagung dapat membantu Anda mempertahankan detak jantung yang sehat dan juga meningkatkan kepadatan tulang.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? Simak Yuk!

4. Menjaga Kesehatan Jatung

Kandungan asam lemak dan omega 3 bermanfaat untuk menyingkirikan kolesterol jahat sekaligus mengontrol tekanan darah tinggi. Alhasil dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menghindari stroke.

5. Mencegah wasir

Mengkonsumsi jagung setiap hari bermanfaat untuk mencegah wasir loh. Pasalnya, jagung mempunyai banyak serat yang dapat membantu melancarakan pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

6. Mencegah Anemia

Jagung sangat kaya akan Zat Besi. Zat besi tersebut mempunyai manfaat  membantu tubuh Anda membentuk sel darah baru, yang penting untuk mencegah anemia. Ini juga dapat membantu Anda menghindari gejala anemia seperti kelelahan, kelelahan, lemas, pusing, dan sesak napas.

7. Mengontrol Diabetes

Jagung merupakan salah satu makanan yang mempunyai manfaat dapat mengontrol diabetes karena kandungan di dalamnya dapat mengatur insulin.

Diabetes merupakan penyakit mematikan yang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dikendalikan. Inilah sebabnya mengapa mengawasi diet Anda bisa sangat penting jika Anda menderita diabetes. 

Demikian beberapa manfaat jagung bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×