kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak tips agar terhindari dari jerawat saat menggunakan masker


Rabu, 18 Agustus 2021 / 15:11 WIB
Simak tips agar terhindari dari jerawat saat menggunakan masker
ILUSTRASI. Warga dengan memakai masker. KONTAN/Baihaki/11/8/2021


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus korona ini telah membuat kita harus hidup new normal, salah satunya dengan menggunakan masket ketika harus keluar rumah. Hanya saja, bagi sebagian orang ternyata penggunaan masker tersebut malah bisa menimbulkan masalah kulit, misalnya mask acne atau MASKNE. 

Dokter Silvestri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan, mask acne adalah efek samping dari penggunaan masker dalam waktu yang lama. Nah, maskne ini adalah breakout atau jerawat yang terbentuk di O-zone yaitu dagu, pipi, hidung dan mulut yang disebabkan oleh penggunaan masker mulut dalam waktu yang lama. 
 
Ada lima penyebab terjadinya maskne. Yuk simak di bawah ini :
 
Pertama, perpaduan antara iritasi yang dikarenakan gesekan masker dengan kulit sehingga menyebabkan terganggunya sawar kulit yang justru melindungi kulit. Kedua, karena penggunaan masker maka kelembapan udara meningkat, hal ini disebabkan penumpukan keringat, uap air, minyak dan sebelum yang meningkatkan di area yang tertutup masker. 
 
Ketiga, karena penggunaan masker dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan peningkatan suhu, sehingga menyebabkan peningkatan respon peradangan atau inflamasi. Keempat, penggunaan makeup yang tebal atau bedak, ditambah dengan penggunaan masker mulut dapat meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori kemudian meningkatkan pertumbuhan kuman atau bakteri penyebab jerawat. 
 
Kelima, penggunaan skincare yang berlayer-layer atau terlalu banyak dapat menimbulkan hal yang kurang baik bila dibarengi penggunaan masker yang terlalu lama.
 
Untuk itu, dokter Silvestri memberikan beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi maskne sebagai berikut. 
 
1. Masker mulut.
 
Pilih masker dengan bahan yang lebih halus seperti katun, sutra, atau silk, dan masker yang mempunyai rongga atau jarak dengan kulit, kemudian ganti masker mulut setiap 4 jam sekali. 
 
2. Skincare.
 
Rajin membersihkan wajah setelah menggunakan masker. Bersihkan wajah dilakukan dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing secukupnya, dan hindari menggosok wajah terlalu kuat dan hindari memakai air hangat saat membersihkan wajah. 
 
Gunakan perawatan kulit sehari-hari yang sederhana seperti sabun, pelembab, sunscreen. Dan gunakan pelembab yang mengandung bahan aktif berguna untuk memperkuat skin barrier seperti niacinamide, ceramide, zinc, cholesterol, lalu  yang mengurangi inflamasi atau peradangan seperti chamomile, allantoin, greentea, cantella, mugwort, panthenol.
 
Hal ini bertujuan untuk melapisi kulit sehingga dapat mengurangi gesekan antara kulit dan masker.  Tak lupa, gunakan sunscreen atau tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30, PPA ++, water resistant, bentuk yang ringan, dan non comedogenic. 
 
3. Gunakan pimple patch.
 
Gunakan pelindung atau acne cover seperti pimple patch dapat berfungsi untuk melindungi jerawat yang ada dari gesekan dengan masker, membantu menyerap kotoran dan mengurangi inflamasi, mempercepat penyembuhan jerawat, melindungi jerawat dari tangan usil kita yang kotor dan hasrat memencet.
 
Dokter Silvestri menambahkan, pada keadaan maskne yang semakin parah dan disertai rasa perih dan nyeri yang hebat maka segera konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat untuk penanganan yang lebih lanjut. “Jangan sembarang mengobati atau memencet jerawat karena bisa membuat jerawat semakin parah,” katanya. 
 
Selanjutnya, mari kita bersama-sama menerapkan 6M untuk pencegahan penularan Covid-19 seperti memakai masker yang benar, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, menjauhi kerumunan, mendapatkan vaksinasi. 
 
Selain itu, hal yang tidak boleh dilupakan untuk menjaga kelembaban kulit dengan mengaplikasikan pelembab serta mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. 
 
Lakukanlah tindakan proteksi diri semaksimal mungkin, mengingat virus korona adalah virus yang masih baru dengan berbagai macam mutasi virus dan gejalanya yang masih terus berkembang sampai saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×