Simak gejala, cara mencegah, dan penyebab ambeien ini, yuk

Kamis, 02 Desember 2021 | 11:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Simak gejala, cara mencegah, dan penyebab ambeien ini, yuk

ILUSTRASI. Penyebab ambeien perlu Anda kenali supaya Anda bisa melakukan pencegahan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien atau hemoroid adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan. Penyebab ambeien pun beraneka ragam. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi ambeien dengan lebih efektif.

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), tiga dari empat orang dewasa pernah mengalami ambeien. Kondisi itu dapat membuat Anda tak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Di bawah ini, ada beberapa hal terkait ambeien yang sebaiknya Anda kenali. Dengan mewaspadai gejala dan penyebabnya, diharap ambeien tak lagi sering Anda alami. Mempraktikkan cara mencegah ambeien pun bisa Anda jadikan opsi.

Gejala Ambeien

Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai, ada baiknya untuk mengetahui apa saja gejala ambeien yang bisa Anda alami. Karena bisa terjadi di dalam ataupun di luar rektum, gejala yang muncul pun dapat berbeda.

Hemoroid eksternal ditandai dengan rasa sakit, gatal, iritasi di sekitar anus, dan pendarahan. Sedangkan untuk hemoroid internal, gejala yang muncul adalah rasa sakit yang cukup parah ketika Anda buang air besar.

Baca Juga: Bisa meningkatkan tekanan darah, ini 5 khasiat daun binahong

Penyebab Ambeien

Ada beberapa penyebab ambeien yang bisa Anda alami.

Penyebab ambeien adalah tekanan terlalu besar yang diterima pembuluh darah vena di sekitar anus. Hal itu bisa dipicu karena berbagai macam faktor. Mulai dari mengejan terlalu keras saat buang air besar, diare atau sembelit akut, hamil, obesitas, tubuh kekurangan serat, dan terlalu lama duduk di toilet.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa bertambahnya usia juga bisa menyebabkan kemunculan ambeien. Seiring berjalannya waktu, jaringan yang menyokong pembuluh darah di sekitar anus melemah sehingga lebih rentan saat menerima tekanan.

Baca Juga: Kenali penyebab tenggorokan kering setelah bangun tidur

Cara Mencegah Ambeien

Pertama, konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Hal itu dapat melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen serat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena bisa disebabkan oleh dehidrasi, maka dari itu cobalah untuk minum banyak air putih. Umumnya, setiap orang membutuhkan delapan gelas per hari. Namun, ukuran itu bisa disesuaikan dengan aktivitas dan kondisi Anda.

Selanjutnya, hindari duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama. Untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena, ada baiknya bagi Anda untuk rutin melakukan olahraga. Selain mengatasi ambeien, rajin olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru