Simak daftar ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal ini

Senin, 13 Desember 2021 | 11:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Simak daftar ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal ini

ILUSTRASI. Ada beberapa ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang perlu Anda kenali.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu mengenali kondisi apa saja yang termasuk dalam ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah perawatan seperti apa yang benar-benar Anda butuhkan.

Setelah membicarakan kondisi Anda ke dokter, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan tes darah dan tes urin. Tujuannya supaya diagnosa dokter bisa lebih akurat. Setelah hasil tes keluar, dokter akan memberikan saran pengobatan seperti apa yang Anda perlukan.

Selain menerapkan pengobatan yang disarankan dokter, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, ya. Mulai dari rajin olahraga, minum air putih, dan lain-lain. Dengan begitu, gejala penyakit ginjal di bawah ini dapat mereda.

Kencing Berbusa

Life Options (lifeoptions.org) mengatakan bahwa kencing berbusa adalah tanda ketika ginjal Anda bermasalah. Ketidakmampuan ginjal untuk melakukan fungsinya dengan baik menimbulkan penumpukan protein yang keluar bersama urin. Hal itulah yang membuat Anda mengeluarkan kencing berbusa.

Baca Juga: 5 Penyebab nyeri perut kanan bawah, gangguan liver sampai ginjal

Sakit Perut

Selain protein, masih banyak zat sisa lain yang tak tersaring dengan benar. Kondisi itu membuat Anda mengalami sakit perut yang mana termasuk dalam ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal. Apabila dibiarkan, sakit perut bisa menurunkan nafsu makan sehingga berpengaruh pula pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kulit Gatal

Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring berbagai macam kotoran di darah. Jika fungsi itu tidak berjalan dengan semestinya, ada banyak kotoran yang menumpuk. Akibatnya, kulit menjadi gatal dan risiko kulit infeksi pun meningkat karena Anda menggaruknya terlalu sering.

Baca Juga: Ciri-ciri sakit ginjal, dari kelelahan, kencing berbusa, & sering buang air kecil

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil jadi ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal.

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal berikutnya yang dapat Anda alami adalah sering buang air kecil. Sayangnya, Anda justru merasa kesulitan untuk buang air kecil. Proses buang air kecil akan terasa sakit dan muncul sensasi terbakar yang membuat Anda tak nyaman.

Urin Berwarna Gelap

Gejala penyakit ginjal lainnya yang dapat Anda alami adalah urin berwarna gelap. Bahkan, ada beberapa kasus di mana Anda mengeluarkan kencing berdarah. Tentu saja hal itu perlu segera Anda atasi karena bisa memperparah kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru