kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Simak cara agar tetap tenang dan santai di tengah kesibukan


Sabtu, 03 Agustus 2019 / 23:19 WIB

Simak cara agar tetap tenang dan santai di tengah kesibukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyaknya pekerjaan dan aktivitas seringkali membuat pikiran kita tidak bisa fokus. Rasa malas yang mengadang juga membuat pekerjaan semakin menumpuk yang justru menjebak kita dalam kesibukan tiada henti.

Di momen-momen inilah pikiran kita akan terasa kacau dan tidak bisa tenang. Akibatnya, kita menjadi kehilangan kontrol diri dan sulit menyelesaikan semua pekerjaan. Nah, agar kita tetap tenang dan santai meski kesibukan menghadang, berikut triknya:

1. Tidur singkat

Tidur seringkali merupakan hal pertama yang harus dilakukan ketika segala sesuatunya menjadi sangat sibuk. Itulah pula saat-saat di mana kita benar-benar membutuhkan tidur.

Baca Juga: Berolahraga saat akhir pekan lebih baik daripada tidak sama sekali

Penelitian telah menunjukkan tidur yang cukup -setidaknya 10 jam sehari untuk anak-anak dan remaja, dan tujuh untuk orang dewasa, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit. Tidur yang berkualitas juga membuat lebih fokus dan produktif saat bangun.

Tidur juga membantu memori otak menjadi lebih baik dan meningkat sehingga kita tetap bisa berpikir kreatif. Pada dasarnya, tidur banyak memberi kita kekuatan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

2. Siapkan makanan sendiri

Makan sembarangan tanpa memperhatikan asupan nutrisi hanya akan membuat pikiran kita semakin kacau dan sulit menyelesaikan pekerjaan. Menyiapkan sendiri makanan yang kita konsumsi akan membantu kita untuk menghindari makanan berkalori tinggi, sekaligus memberi tubuh nutrisi penting.

Meski sibuk, luangkan waktu untuk menyiapkan makanan. Kita bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukannya daripada memilih mengonsumsi makanan cepat saji.

Baca Juga: Makanan sehat dan unik jadi tren tahun 2019 versi Go-Food

Konsumsilah makanan yang kaya akan protein, sayuran, serat dan biji-bijian utuh demi kebugaran tubuh. Selain meminta bantuan orang lain, kita juga bisa menyetok makanan sehat untuk satu minggu. Jadi, saat membutuhkannya kita tinggal menghangatkannya kembali.

3. Buat daftar tujuan atau pekerjaan

Menurut American Psychological Association, salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk tetap tenang dan fokus saat dilanda kesibukan adalah menuliskan apa yang ingin kita capai. Penelitian telah membuktikan, menulis tujuan jangka pendek dan jangka panjang menciptakan perasaan bertanggung jawab, yang berarti besar kemungkinan kita untuk menindaklanjutinya.

Menulis daftar pekerjaan juga sangat membantu untuk mengidentifikasi masalah dan memprioritaskan tujuan.

4. Berhenti menunda-nunda

Ketika kita sedang sibuk, tugas-tugas kecil pun tampak menakutkan. Tapi, menunda pekerjaan kecil hanya menyebabkan pekerjaan semakin menumpuk dan sulit diselesaikan.

Baca Juga: Tak perlu seperti Nunung, ini lima cara menjaga stamina tanpa narkoba

Sisihkan waktu selama lima menit setiap hari untuk menyelesaikan beberapa tugas kecil agar kita tidak menundanya. Misalnya, menyortir surat, berlari ke bank untuk menyetor cek, atau mencuci piring, sehingga kita tidak kewalahan.

Lambat laun,semua pekerjaan akan terasa mudah.

5. Matikan ponsel

Gangguan adalah pembunuh produktivitas absolut, dan ponsel adalah pengganggu nomor satu yang kerap membuat kita tidak produktif. Studi menunjukkan, siswa yang mengirim pesan teks di kelas memiliki kinerja lebih buruk pada tes dan kuis.

Riset juga membuktikan orang yang mencoba melakukan banyak tugas dengan laptop dan ponsel sebenarnya memiliki tingkat produktivitas yang lebih rendah secara keseluruhan. Dengan kata lain, kita harus fokus pada tugas yang dihadapi.

Baca Juga: Sedang Digandrungi Anak Sekolah Dasar, Ini Manfaat Watch Phone Bagi Para Orang Tua

Abaikan media sosial demi menjaga fokus pikiran kita untuk menyelesaikan pekerjaan. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Agar Tetap Tenang dan Santai di Tengah Kesibukan


Sumber : Kompas.com
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×