kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Beberapa Makanan Sumber Kolagen Alami


Selasa, 14 Februari 2023 / 18:47 WIB
Simak Beberapa Makanan Sumber Kolagen Alami


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan sumber kolagen alami yang mudah dikonsumsi. Kini Anda bisa meningkatkan produksi kolagen alami dari tubuh dengan konsumsi makanan berikut.

Tubuh memerlukan berbagai vitamin dan protein sebagai proteksi tubuh terhadap berbagai respon dari luar.

Lantas, apa itu arti Kolagen? Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang ditemukan dalam tubuh manusia. Kolagen berfungsi untuk menjaga kekuatan, kelembutan, dan elastisitas kulit, tulang, dan jaringan ikat.

Selain diproduksi oleh tubuh, kolagen juga bisa didapatkan dari makanan yang alami dan mudah untuk ditemukan.

Baca Juga: Inilah Daftar 6 Vitamin yang Bisa Bikin GERD Terkapar

Pada dasarnya, kolagen dapat ditemui lewat berbagai makanan hewani yang mengandung protein.

Kolagen terdiri dari 19 asam amino (misalnya, glisin, prolin, hidroksiprolin, lisin, dan arginin). Setidaknya ada 29 jenis kolagen, dengan Manusia terutama memiliki Tipe I-III:

  • Tipe I ada terutama di kulit, tendon, pembuluh darah, organ, dan tulang.
  • Tipe II ada di tulang rawan, dan
  • Tipe III ada di serat retikuler (serat bercabang tipis di jaringan ikat).

Diet kolagen adalah pola makan yang menekankan menghindari terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan serta mengonsumsi makanan tinggi kolagen.

Karena kadar kolagen menurun seiring bertambahnya usia, mengonsumsi lebih banyak kolagen dapat membantu menjaga keremajaan, energi, dan kecantikan.

Baca Juga: 4 Minuman yang Terlarang Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Kenali!

Pasalnya, kini telah banyak beredar berbagai penelitian tentang manfaat kolagen alami bagi tubuh.

Mengutip dari Humnutrition, sebuah studi tahun 2022 baru-baru ini menyatakan bahwa mendapatkan cukup kolagen dalam makanan.

Tentunya, konsumsi makanan sumber kolagen alami dapat menunda penuaan kulit dan meningkatkan kesehatan sendi. Ini juga berlaku untuk jangka panjang, jadi pencegahan adalah kunci dalam menjaga aspek kesehatan dan kecantikan ini.

Penelitian lain mengutip bahwa kolagen yang cukup meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit wajah. Bahkan, kolagen alami dalam tubuh yang cukup dapat peningkatan kerutan dan tekstur kulit.

Baca Juga: Ketahui 4 Penyebab Wajah Tidak Simetris yang Umum Terjadi

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan sumber kolagen alami yang mudah ditemui dan dikonsumsi.

Makanan sumber kolagen alami

1. Kaldu Tulang

Kaldu tulang sebagai makanan sumber kolagen alami

Sejauh ini, salah satu sumber protein kolagen terkaya adalah kaldu tulang. Biasanya, kaldu tulang dibuat dengan mengambil tulang  dan memasaknya dalam air selama beberapa jam.

Dengan demikian, nutrisi termasuk glisin dan kolagen diekstraksi dari tulang. Tulang-tulangnya kemudian diangkat, dengan kaldu padat nutrisi yang tinggi kolagen.

Nah, Anda bisa menggunakan kaldu tulang sebagai pengganti kaldu standar dalam sup dan semur untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

Selain itu, kini sudah banyak produk industri yang sudah memproduksi kaldu tulang dalam kemasan yang praktis dikonsumsi.

2. Telur

Telur sebagai makanan sumber kolagen alami

Makanan sumber kolagen alami lainnya adalah Telur yang dikenal mengandung protein tinggi. Namun, yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa putih telur mengandung asam amino glisin dan prolin.

Kedua kandungan tersebut dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh. Tentu, Konsumsi telur secara teratur dapat memberi tubuh Anda bahan pembangun kolagen.

Pastikan Anda dapat mengolah telur dengan baik tanpa banyak tambahan yang berlebih seperti garam.

3. Daging

Daging merah sebagai makanan sumber kolagen alami

Daging terutama daging merah termasuk daging sapi hingga domba merupakan salah satu makanan sumber kolagen alami terbaik.

Hewan-hewan ini memiliki banyak jaringan ikat yang membutuhkan kolagen untuk alasan yang sama dengan manusia. Selain itu, kolagen alami dari daging dapat diketahui dari potongan daging yang lebih keras akan keras karena memiliki lebih banyak kolagen di dalamnya.

Artinya, konsumsi makanan yang tinggi kolagen ini ke dalam makanan, dapat membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.

Kolagen benar-benar berubah menjadi gelatin saat dipanaskan. Ditambah lagi, dagingnya masih mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membentuk kolagen alami.

4. Ikan

Makanan sumber Kolagen Alami

Makanan sumber kolagen alami lainnya adalah Ikan. Seperti produk hewani lainnya, ikan memiliki jaringan ikat dan tulang yang mengandung kolagen.

Peptida kolagen laut (MCP) berasal dari kulit dan sisik ikan yang dapat disajikan lewat berbagai masakan.

Penelitian menunjukkan bahwa kolagen ikan memiliki manfaat yang mirip dengan kolagen daging sapi dalam hal manfaat untuk menunda penuaan. Menariknya, beberapa sumber mengatakan bahwa kolagen dari ikan menyerap lebih baik daripada dari daging.

Salah satu pemanfaatan kulit dan sisik ikan untuk menghasilkan kolagen laut dapat mengurangi limbah dan polusi secara keseluruhan.

5. Spirulina

Spirulina

Makanan sumber kolagen alami lainnya yang perlu diketahui adalah Spirulina. Melansir dari Humnutrition, sumber gelatin yang jarang dikonsumsi adalah ganggang spirulina.

Spirulina menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik, artinya juga mengandung asam amino. Dari asam amino tubuh akan mendapatkan Glisin dan prolin, yang membantu dalam membentuk kolagen.

Kini tercatat, bahwa produk olahan spirulina tersedia dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Produksi kolagen dalam tubuh juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, paparan sinar matahari, dan gaya hidup.

Oleh karena itu, konsumsi kolagen secara teratur dan menjaga gaya hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×