Simak 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Catat!

Rabu, 23 November 2022 | 11:44 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Catat!

ILUSTRASI. Manfaat buah belimbing untuk kesehatan.

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah belimbing untuk kesehatan nampaknya tidak sepopuler jenis buah lainnya. Padahal, buah belimbing menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya, buah belimbing mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran mengkonsumsi belimbing dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Beberapa kandungan nutrisi buah belimbing di antaranya seperti vitamin C, serat, protein, kalsium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Prediksi Belgia vs Kanada dan Jadwal Piala Dunia 2022

Selain itu, buah belimbing juga mempunyai bentuk yang unik dan rasa manis asamnya yang menyegarkan saat dikonsumsi.

Melansir dari HealthifyMe, berikut manfaat buah belimbing untuk kesehatan, di antaranya: 

1. Mencegah Peradangan

Salah satu manfaat buah belimbing dipercaya dapat mencegah peradangan. Pasalnya, belimbing merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi. 

Kandungan vitamin C dalam belimbing tersebut berperan untuk membersihkan racun dalam tubuh. Serta kandungan antiinflamasi dalam belimbing mampu mencegah berbagai peradangan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Spanyol vs Kosta Rika

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah belimbing juga baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan belimbing mengandung natrium dan kalium yang dapat mengatur tekanan darah Anda.

Selain itu belimbing juga membuat sirkulasi darah yang kuat dan keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Jerman vs Jepang Tayang 20.00 WIB dan Jadwal Piala Dunia 2022

3. Mencegah Diabetes dan Kolesterol Tinggi

Manfaat buah belimbing selanjutnya dapat mencegah diabetes dan kolesterol tinggi. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

100 gram belimbing mengandung 2,8 gram serat buah yang membantu memeriksa kadar gula darah Anda. Serat buah membatasi pelepasan glukosa yang terjadi setelah Anda makan sesuatu. Dengan melakukan ini, ini membantu mengatur kadar gula darah dan insulin Anda.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat mencegah diabetes dan juga dapat secara aktif membantu orang yang sudah menderita diabetes. Karena buah belimbing sangat mudah dimakan dan kaya serat, buah ini menjadi camilan sehat dan bebas rasa bersalah bagi penderita diabetes dan non-diabetes.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Tayang Pukul 17.00 WIB

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah belimbing mengandung banyak serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, khususnya sistem pencernaan. Hal tersebut membantu salam mengatur ukuran dan kelembutan tinja, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Orang yang menderita sembelit akan merasa lega karena buah belimbing ini merangsang pencernaan Anda dan meningkatkan kesehatan usus Anda. Kesehatan usus yang baik juga akan memperbaiki gejala lain dari pencernaan yang buruk seperti kram dan kembung.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan vitamin B. Beberapa nutrisi tersebut berperan penting untum menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Kanker Payudara yang Penting Untuk Diketahui, Apa Saja?

6. Menurunkan Berat Badan 

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, belimbing sangat cocok untuk dijadikan salah satu camilan diet. 

Pasalnya, belimbing termasuk buah yang rendah kalori namun mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Selain itu, belimbing juga rendah gula sehingga  menjadi camilan yang ideal untuk dikunyah tanpa khawatir berat badan bertambah. Kandungan serat yang tinggi juga membuat metabolisme Anda bekerja dengan cepat, memastikan Anda membakar kalori dengan cepat serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selanjutnya: Masyarakat Dilarang Serobot Kebun Inti Perusahaan untuk Penuhi Kebijakan FPKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru