Simak 6 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Kamis, 15 September 2022 | 12:18 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 6 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Infeksi Saluran Kemih

ILUSTRASI. Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Infeksi Saluran Kemih.


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif mengobati infeksi saluran kemih adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk mengobati infeksi saluran kemih.

Sama halnya dengan penyakit lain, infeksi saluran kemih juga harus segera diobati sebelum memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Selain itu, bagi Anda juga harus menjaga kesehatan salurah kemih dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan juga yang sebaiknya dihindari, seperti makanan pedas, pemanis buatan, dan minuman beralkohol.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1: Persaingan 5 Besar Sengit dan Ada Laga Persija vs Madura United

Lantas bagaimana cara mengobati infeksi saluran kemih?

Melansir dari Urology Care Foundation, ada beberapa makanan atau bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi saluran kemih, di antaranya: 

Kentang

Mengonsumsi kentang adalah salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami. Selain itu, mengonsumsi kentang juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan serta kerap dijadikan makanan untuk diet menurunkan berat badan. 

Agar khasiat kentang maksimal untuk mengobati infeksi saluran kemih, hindari memasak kentang dengan cara digoreng. Hal tersebut juga menjadi cara menghindari efek samping dari kentang yang digoreng. 

Buah pir

Mengonsumsi buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk saluran kemih. Oleh sebab itu, tak heran, mengonsumsi buah dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Persib Bandung vs Barito Putera Tayang 15.30 WIB

Telur

Cara mengobati infeksi saluran kemih selanjutnya Anda bisa memanfaatkan telur untuk dikonsumsi. Sebab, telur mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan.

Telur juga termasuk bahan alami yang mudah untuk diolah. Namun, pastikan Anda memasaknya dengan cara yang sehat. 

Pisang

Selain buah pir, mengonsumsi pisang juga dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih, lo. Pisang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan termasuk saluran kemih.

Selain itu, pisang juga dikenal sebagai buah yang memberikan energi dan mempunyai rasa manis yang enak untuk dikonsumsi. 

Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Mengonsumsi yogurt secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit saluran kemih serta meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Pekan 2 Ada Real Madrid vs Leipzig Tayang 02.00 WIB

Oatmeal

Oatmeal mungkin dikenal sebagai salah satu makanan untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi, mengonsumsi oatmeal juga merupakan salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih.

Sama seperti bahan alami lainnya, oatmeal mengandung banyak serat dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Itu beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Meski demikian, sebaiknya juga Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping ketika saat mengkonsumsi bahan alami di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru