kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 5 Obat Paru-Paru Basah Alami yang Ampuh, Yuk Catat!


Kamis, 22 Desember 2022 / 11:08 WIB
Simak 5 Obat Paru-Paru Basah Alami yang Ampuh, Yuk Catat!
ILUSTRASI. Kunyit adalah salah satu obat paru-paru basah alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai obat paru-paru basah alami yang penting untuk diketahui. Pasalnya meski tidak instan, mengkonsumsi obat paru-paru basah alami adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan.

Sebelum itu, paru-paru basah adalah gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pernapasan khususnya paru-paru. Paru-paru basah adalah penyakit yang cukup serius dan harus segera diberi penanganan dokter.

Paru-paru basah disebabkan oleh adanya penumpukan cairan yang menyebabkan peradangan atau inflamasi. Hal tersebut akan menimbulkan gejala seperti sesak napas, demam, batuk, mudah lelah dan lain-lain.

Baca Juga: Simak 5 Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Radang Sendi, Jangan Coba-Coba!

Sebagai alternatif, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa dijadikan obat alami paru-paru basah. Berikut daftar makanan tersebut yang dilansir dari ETimes: 

1. Air Putih

Perlu Anda ketahui mengkonsumsi air putih sangat penting untuk kesehatan. Air putih dipercaya dapat dijadikan obat paru-paru basah loh. 

Pasalnya, meminum air putih secara rutin mampu mengeluarkan lendir yang menjadi penyebab paru-paru basah. 

2. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mempunyai banyak khasiat. Salah satunya bisa dijadikan obat alami paru-paru basah. Hal tersebut dikarenakan kunyit mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat paru-paru basah. 

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Mampu Atasi Darah Tinggi

3. Buah Sitrus 

Makanan yang dapat dijadikan obat paru-paru basah selanjutnya yaitu buah sitrus. Beberapa jenis buah sitrus yang dimaksud contohnya seperti lemon, jeruk, kiwi dan masih banyak lagi. 

Buah sitrus mengandung antioksidan dan mampu meningkatkan imunitas sehingga dapat mengurangi risiko infeksi dan peradangan paru-paru basah. 

4. Madu 

Madu dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, Anda harus tahu bahwa madu bisa dijadikan obat alternatif paru-paru basah loh. Pasalnya, madu mengandung banyak nutrisi yang baumik untuk kesehatan, khusus sistem pernapasan.

Oleh karena itu, madu dipercaya dapat dijadikan obat paru-paru basah. Meski madu dan berbagai jenis makanan lagi mempunyai khasiat tersebut, disarankan Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter dahulu sebelum mengkonsumsinya. 

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

5. Makanan Kaya Protein 

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk kesehatan, salah satunya paru-paru. Berbagai jenis makanan kaya protein berperan sebagai antiinflamasi dalam mengurangi risiko peradangan paru-paru basah. Anda bisa mengkonsumsi telur, ikan dan berbagai jenis makan kaya protein lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×