Simak, 4 Cara Membuat Masker Rambut Dengan Bahan-Bahan Alami

Senin, 16 Mei 2022 | 10:47 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak, 4 Cara Membuat Masker Rambut Dengan Bahan-Bahan Alami

ILUSTRASI. Penggunakan masker rambut alami.


KONTAN.CO.ID - Perawatan rambut adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala hingga akar rambut. Salah satu alternatifnya, Anda dapat membuat masker rambut dengan bahan-bahan alami.

Cara membuat masker dengan bahan-bahan alami juga relatif mudah untuk dilakukan di rumah. Selain itu, masker bahan alami mungkin tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan masker berbahan kimia yang mempunyai efek samping.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat masker rambut alami juga relatif mudah untuk didapatkan di pasaran. 

Baca Juga: Hari Raya Waisak 2566 BE, Cek Lagi Daftar Hari Libur Naisional Bulan Mei 2022

Selain itu, masker alami juga cukup efektif mengatasi berbagai masalah rambut. Seperti rambut kering, bercabang, rontok, hingga masalah kulit kepala sekalipun. 

Umumnya, masalah rambut disebabkan oleh penggunaan alat penata rambut dengan suhu yang panas. Hal tersebut yang didapat merusak dan membuat rambut tidak sehat. 

Untuk itu, berikut ada beberapa cara membuat masker rambut alami yang dilansir dari Good House Keeping:

1. Minyak Kelapa, Cuka Apel dan Madu

Masker rambut alami yang pertama adalah campuran minyak kelapa, cuka apel dan madu. Ketiga bahan alami ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Campuran minyak kelapa, cuka apel dan madu dapat membuat rambut lebih berkilau, serta cocok untuk mempertahankan warna rambut. Anda hanya tinggal mencampur ketiga bahan alami tersebut dengan perbandingan yang sama. 

2. Telur, Cuka Apel dan Madu 

Selanjutnya, Anda bisa mengganti minyak kelapa dengan telur untuk membuat masker rambut dengan versi yang lain. Campuran cuka apel, madu dan telur juga tak kalah baik untuk dijaidkan masker rambut alami. 

Pasalnya, campuran cuka apel, madu dan telur mampu menutrisi rambut dengan baik serta melembapkan rambut sehingga terhindar dari rambut kering.

Cara membuat masker rambut alami tersebut cukup mudah. Campurkan 1 sdm cuka apel, 1 sdt madu dan 1 butir telur. Setelah mencampurkan ketiga bahan tersebut, Anda langsung bisa mengaplikasikannya sebagai masker rambut. 

Baca Juga: Mampu Mengontrol Gula Darah, Ini 9 Khasiat Daun Jambu Biji Lainnya

3. Teh Hijau, Peppermint Oil dan Cuka Apel

Cara membuat masker rambut selanjutnya, Anda perlu menyiapkan teh hijau, peppermint oil dan cuka apel. Ketiga bahan alami ini mampu mencegah kerusakan rambut, menutrisi rambut  dan mengatasi iritasi di kulit kepala. 

Untuk membuat masker alami dari ketiga bahan alami tersebut, Anda hanya tinggal mengkombinasikan 1 gelas teh hijau, 2 tetes peppermint oil dan 1 sdm cuka apel. 

4. Kayu Manis dan Minyak Kelapa

Dilansir dari Good House Keeping, kayu manis disebut-sebut dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, kayu manis dapt dijadikan salah satu bahan untuk membuat masker rambut alami. 

Kombinasi kayu manis dan minyak kelapa juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih kuat dan anti rontok. Cara membuat masker rambut alami dari kayu manis dan minyak kepala adalah dengan mencampurkan kedua bahan dengan takaran yang sama. Lalu, kombinasi bahan tersebut bisa dijadikan masker rambut alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru