kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siloam Tambah Investasi Pelayanan Kesehatan di Kalteng, Dirikan MRI Palangka Raya


Rabu, 15 Maret 2023 / 21:15 WIB
Siloam Tambah Investasi Pelayanan Kesehatan di Kalteng, Dirikan MRI Palangka Raya
ILUSTRASI. Fasilitas?Siloam Hospitals


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rumah Sakit (RS) Siloam Palangka Raya meresmikan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla dan sekaligus menjadikan RS Siloam sebagai rumah sakit swasta pertama di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang meresmikan fasilitas ini.

Investasi tersebut sejalan dengan komitmen Siloam di dalam membuka akses layanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan medis yang bertujuan untuk mendukung terciptanya masyarakat Kalteng yang sehat dan produktif.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin; Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palangka Raya; dr. Tagor Sibarani; Ketua IDI Kalteng, dr. Mikko U. Mapas, Sp.OG; Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Palangka Raya, Akhmad Fordiansyah; Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Kalteng, Komisaris Besar (Kombes) Pol dr. Danang Pamudji, M.A.R.S.; dan perwakilan Kejaksaan Tinggi Kalteng, Amriyata.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin memberikan apresiasi kepada Grup RS Siloam yang menyediakan infrastruktur, teknologi, dan talenta medis untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi masyarakat.

Baca Juga: Lippo Menjajaki Peluang Investasi Sektor Kesehatan di IKN

“Dengan adanya MRI di RS Siloam Palangka Raya, kami memiliki harapan besar agar pelayanan kesehatan di Kalimantan Tengah semakin baik dan bertambah maju. Hal ini menjadi motivasi agar rumah sakit daerah yang ada di Kalimantan Tengah juga bisa segera memiliki MRI agar pelayanan yang tersedia semakin lengkap dan kemampuan diagnosis penyakit menjadi lebih baik," jelasnya saat menyampaikan sambutan.

Alat Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla merupakan alat diagnostik imaging mutakhir untuk mendeteksi penyakit dan evaluasi terapi yang memiliki kekuatan 1,5 Tesla. Pemeriksaan MRI merupakan golden standard untuk diagnosis yang lebih akurat bagi beragam masalah kesehatan pada seluruh jaringan tubuh, mulai dari otak, jantung, tulang, hingga organ lainnya.

Mesin MRI menggunakan medan magnet yang kuat dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar struktur tubuh yang meliputi organ, tulang, serta jaringan secara terperinci dan berkualitas tinggi sehingga dapat digunakan untuk skrining awal berbagai penyakit.

Penggunaan gelombang magnet dan radio tidak memancarkan sinar radiasi sehingga aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun.

Pemeriksaan dengan MRI juga tidak menimbukan rasa sakit dan mendukung dokter spesialis dalam memberikan diagnosis penyakit secara tepat sehingga rencana pengobatan dan pemulihan dapat dilakukan lebih awal. Selain itu, MRI juga dilakukan untuk evaluasi terapi pengobatan yang dilakukan dengan lebih mendetail.

Peresmian ini juga diikuti dengan seminar medis untuk para dokter perusahaan dan dokter spesialis di Kalteng dalam rangka berbagi pengetahuan, indikasi, dan kemampuan alat MRI. Seminar ini juga akan dihadiri oleh para sub-spesialis radiologi yang terkait sebagai narasumber.

Baca Juga: RS Siloam Gelar Skirining Kanker Payudara Gratis, Target 25.000 Wanita

Seminar medis ini menunjukkan komitmen dokter spesialis dalam pengembangan mutu pelayanan terhadap pasien di RS Siloam Palangka Raya dan rumah sakit lainnya di Kalteng.

“Melalui kehadiran MRI di Palangka Raya, kami berharap pasien akan semakin mudah dilayani tanpa perlu lagi merasakan kendala jarak dan waktu. Selain itu, RS Siloam Palangka Raya juga telah melakukan kerja sama pelayanan kesehatan dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan) hingga rekanan asuransi dan korporasi. Hal ini tentunya akan membantu masyarakat Kalimantan Tengah untuk lebih mudah mengakses layanan kesehatan dengan pilihan jaminan yang tersedia,” tutur Network Managing Director Grup RS Siloam, Hendy Widjaja dalam keterangan resminya, Rabu (15/3).

Beroperasi sejak tahun 2018, RS Siloam Palangka Raya dikenal sebagai rumah sakit dengan unggulan Trauma Center yang dilengkapi dengan spesialisasi bedah ortopedi yang komprehensif, termasuk sub-spesialis bedah tulang punggung, pinggul, dan lutut. RS Siloam Palangka Raya juga memiliki layanan radiologi seperti X-ray konvensional, CT-Scan, USG, dan ESWL untuk menunjang perawatan berkelanjutan bagi pasien.

Selain investasi medis, RS Siloam Palangka Raya juga didukung oleh lebih dari 145 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan perawat yang berpengalaman juga menghadirkan berbagai spesialisasi dan layanan unggulan. Dengan dukungan dari seluruh tenaga kesehatan, RS Siloam Palangka Raya mampu melayani lebih dari 1.500 pasien setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×