kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah sembuh dari infeksi virus corona, kapan boleh vaksinasi Covid-19?


Senin, 26 Juli 2021 / 13:53 WIB
Setelah sembuh dari infeksi virus corona, kapan boleh vaksinasi Covid-19?
ILUSTRASI. Setelah sembuh dari infeksi virus corona, kapan boleh vaksinasi Covid-19?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Layanan vaksinasi Covid-19 kini semakin mudah ditemukan masyarakat. Masyarakat umum dari usia 12 tahun bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun, untuk orang yang sembuh dari infeksi virus corona, kapan waktu tepat untuk vaksinasi Covid-19?

Banyak orang yang pernah terinfeksi Covid-19 mungkin berpikir tidak perlu menerima vaksin karena tubuhnya dapat membangun antibodi dengan sendirinya. Namun, ahli penyakit menular Kristen Englund, MD mengatakan bahwa gagasan seperti ini harus dihindari.

Menurutnya, waktu tepat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang sembuh dari infeksi virus corona adalah secepatnya. Setelah sembuh dari Covid-19, masyarakat bisa langsung mendatangi layanan vaksinasi.

"Meskipun kita pernah menderita Covid-19, tetap penting bagi kita untuk mendapatkan vaksin. Sejumlah kecil orang bisa tertular Covid-19 untuk kedua kalinya," ungkapnya.

Menurut dia, bahkan jika kita tidak terkena Covid-19 untuk kedua kalinya, penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan vaksin akan membantu kita melakukannya.

Baca juga: Hal-hal yang bisa bikin jadwal vaksin Covid-19 tertunda

Antibodi tidak cukup melindungi

Dokter Englund menjelaskan bahwa kita tidak tahu berapa lama antibodi secara alami akan bertahan setelah kita mengalami infeksi Covid-19. Dia mengatakan, penelitian terbaru yang berfokus pada berapa lama kekebalan dapat bertahan setelah Covid-19 masih tidak jelas dan para ilmuwan percaya itu bisa sampai delapan bulan.

"Studi tersebut hanya mencakup 200 pasien, jadi belum ada banyak datanya. Cara terbaik untuk memastikan kita terlindungi adalah dengan vaksinasi," terangnya.

Dia juga mencatat, orang-orang yang pernah menderita Covid-19 dan memiliki gejala jangka panjang (long covid) akhirnya membaik setelah mendapatkan vaksin. "Apabila kita memiliki gejala Covid-19 yang lama pada saat ini, mohon pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin," saran Dr Englund.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×