kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah Makan Porsi Besar, Berikut 4 Cara Atasi Perut Kembung


Sabtu, 02 Desember 2023 / 21:17 WIB
Setelah Makan Porsi Besar, Berikut 4 Cara Atasi Perut Kembung
ILUSTRASI. Ilustrasi penyebab perut buncit.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Makan dalam porsi besar dapat memberikan sejumlah efek pada tubuh, salah satunya perut kembung.

Mengutip Medical News Today, makan makanan dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan pada sistem pencernaan, memperlambat proses pencernaan, dan menghasilkan penumpukan gas dalam perut.

Selain itu, makan terlalu banyak dapat memicu peningkatan produksi insulin, yang dapat berkontribusi pada penumpukan lemak. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas tentang cara mengatasi perut kembung sebagai efek samping makan porsi besar.

Bagaimana Mengatasi Perut Kembung setelah Makan Porsi Besar?

Makan dalam porsi besar atau makan berlebihan adalah salah satu penyebab perut kembung. Ketika hal ini terjadi, kita seringkali merasa tidak nyaman hingga sulit beraktivitas.

Baca Juga: Ciri Jantung Bermasalah Bisa Dilihat Dari Kaki, Pembengkakan Jantung Karena Apa?

Dikutip dari Healthline, berikut hal yang bisa kita lakukan saat merasa perut kembung setelah makan berlebihan:

1. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan penumpukan gas di perut. Sebaiknya gantilah minuman bersoda dengan air putih atau minuman herbal yang tidak mengandung gas.

2. Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu merangsang pergerakan usus dan mencegah terjadinya sembelit, yang dapat menyebabkan perut kembung. Lakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, seperti berjalan kaki ringan atau yoga.

Baca Juga: Bisa Stabilkan Gula Darah & Turunkan Berat Badan, Ini 15 Manfaat Kunyit

3. Hindari Merokok

 Merokok dapat menyebabkan penelan udara yang berlebihan, yang dapat berkontribusi pada perut kembung. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk tidak merokok setelah makan berlebihan.

4. Konsumsi Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt atau suplemen probiotik, dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran pencernaan dan mengurangi risiko perut kembung.

Nah, itulah empat cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung usai makan dalam porsi besar.

Baca Juga: 8 Makanan Ramah Asam Lambung yang Tidak Membuat Maag Kambuh

Rekomendasi Setelah Menikmati Makanan dalam Porsi Besar

Setelah menikmati makanan dalam porsi besar, sebaiknya Anda kembali menerapkan pola makan sehat untuk menghindari berbagai masalah pencernaan, termasuk perut kembung.

Jika masalah berlanjut, segera cari bantuan medis untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. Dengan menjaga pola makan dan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi risiko perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan Porsi Besar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×