Sering Mimisan? Waspada 6 Penyebab Mimisan yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 15 September 2022 | 12:05 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Sering Mimisan? Waspada 6 Penyebab Mimisan yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Penyebab mimisan.


KONTAN.CO.ID - Bagi Anda yang sering mimisan, perlu sedikit waspada. Ada beberapa penyebab mimisan yang perlu Anda ketahui.

Menurut istilah medis, mimisan disebut epistaksis dan bisa dialami oleh siapapun. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab hidung mengeluarkan darah tersebut agar bisa segera melakukan penanganan. 

Mimisan terbagi menjadi dua tipe, yakni mimisan anterior dan mimisan posterior. Salah satu perbedaan dari kedus tipe mimisan ini adalah asal darah yang keluar.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1: Persaingan 5 Besar Sengit dan Ada Laga Persija vs Madura United

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa penyebab mimisan yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Benda asing

Salah satu penyebab mimisan adalah ada benda asing di saluran pernapasan, khususnya rongga hidung. Hal ini kerap dialami oleh anak-anak, contohnya, memasukkan mainan ke hidung. 

Udara kering

Udara yang kering juga bisa menjadi penyebab mimisan, lo. Itu sebabnya, Anda harus berhati-hati jika menggunakan pemanas ruangan atau berpergian saat cuaca dingin.

Pasalnya, saat udara kering dapat memicu iritasi yang bisa menyebabkan hidung mimisan. 

Stres

Penyebab mimisan ini sangat mungkin dialami seseorang yaitu stres. Mimisan bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan.

Makanya, penting sekali untuk mengelola stres dengan baik. Caranya, melakukan berbagai cara yang dapat membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Persib Bandung vs Barito Putera Tayang 15.30 WIB

Kondisi kesehatan

Ada gangguan kesehatan juga dapat menjadi penyebab mimisan. Kondisi ini terbilang cukup serius karena bebarap penyakit serius seperti penyakit ginjal atau jantung bisa menyebabkan mimisan secara tiba-tiba. 

Obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat tertentu dapat juga menjadi pemicu mimisan. Oleh karena itu, jika Anda setelah mengonsumsi obat mengalami mimisan, segeralah pergi ke dokter untuk meminta resep baru dan mengobati mimisan yang Anda alami.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Pekan 2 Ada Real Madrid vs Leipzig Tayang 02.00 WIB

Mengupil

Hal ini mungkin dianggap sepele, namun Anda harus berhati-hati saat mengupil. Soalnya, kesalahan saat mengupil bisa menjadi penyebab mimisan, lo. 

Jadi, berhati-hatilah saat mengupil dan jangan menggaruk terlalu keras karena dapat melukai hidung bagian dalam dan menyebabkan mimisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru