kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Serangan jantung mulai banyak menyerang usia muda, ini penjelasannya


Selasa, 18 Februari 2020 / 23:15 WIB
Serangan jantung mulai banyak menyerang usia muda, ini penjelasannya

Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Aktor yang juga suami dari aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal akibat serangan jantung, Selasa (18/2). Kabar duka ini tentu mengagetkan banyak orang, mengingat Ashraf masih berusia relatif muda, 40 tahun.

Apalagi, Ashraf disebut-sebut tidak memiliki riwayat jantung. Aktor kelahiran Inggris berkebangsaan Malayasia ini juga terlihat memiliki badan yang sehat dan bugar.

Apa yang terjadi dengan Ashraf menunjukkan, penyakit jantung yang biasanya disebut penyakitnya orangtua tidak lagi sepenuhnya benar.

Baca Juga: Serangan jantung renggut suami BCL: Ini cara mudah mendeteksinya, lewat jari kaki

Melansir American Heart Association, berdasarkan penelitian baru yang AHA Journal Circulation publikasikan, penyakit jantung semakin banyak terjadi pada kaum muda khususnya perempuan. Padahal, selama ini kelompok usia muda tidak menjadi perhatian dalam penelitian kardiovaskular.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengambil sampel lebih dari 28.000 orang yang dirawat di rumah sakit akibat serangan jantung sejak 1995-2014. Hasilnya, 30% di antaranya atau sekitar 8.400 penderita datang dari kelompok usia 35-54 tahun.

Persentase penderita kalangan muda ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sebab, saat di awal penelitian, mereka mendapatkan penderita usia muda hanya ada di angka 27%, tetapi pada akhirnya naik menjadi 32%.

Baca Juga: Ashraf Sinclair meninggal akibat serangan jantung, begini cara menghindarinya

"Ini juga meningkat untuk kalangan perempuan muda. Ini mengkhawatirkan dan mengingatkan kita untuk fokus dan memberikan lebih banyak perhatian pada kelompok usia ini," kata dr Sameer Arora, ketua penelitian.

Faktor penyebab

Claveland Clinic menyebutkan, penyebab utama gejala penyakit jantung pada usia muda adalah gaya hidup dan diabetes tipe 2. Penyebab lain: obesitas, diet yang buruk, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan riwayat sakit keluarga.

"Ada banyak alasan mengapa kita melihat serangan jantung di usia muda semakin meningkat. Satu faktor risiko terbesar adalah meningkatnya diabetes tipe 2," ujar Luke Laffin, dokter spesialis jantung Claveland Clinic.

Baca Juga: Jangan nekat bawa kendaraan kalau punya riwayat penyakit jantung




TERBARU

Close [X]
×