kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sendawa berlebih saat perut kosong bisa bahayakan lambung


Senin, 01 April 2019 / 22:43 WIB
Sendawa berlebih saat perut kosong bisa bahayakan lambung


Sumber: TribunNews.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA — Sendawa disaat perut kosong perlu diwaspadai karena bisa jadi itu adalah pertanda gangguan pada lambung atau yang disebut dengan sakit maag.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroentero-Hepatologi, Dr. Hendra Nurjadin menjelaskan sendawa di saat kenyang atau habis minum soda sangat wajar.

Tetapi jika keadaan perut kosong dan sering dipancing untuk sendawa maka gas lambung akan naik ke bagian atas saluran pencernaan, padahal sistemnya saluran pencernaan menurun ke bawah.

Gas lambung tersebut seharusnya keluar lewat saluran pencernaan bagian lewat bawah atau kentut. “Disendawain kan nggak normal, kan one way dari atas ke bawah nggak boleh dibolak-balik, nanti organ kendor padahal itu suka di sengajain, itu tidak boleh bisa menyebabkan asam lambung naik ke atas,” kata dr. Hendra saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat.

Meski tidak ada patokan khusus namun sendawa yang dibuat-buat dan sudah berlangsung selama lima tahun harus segera diperiksakan ke dokter karena menurut dr. Hendra dapat memancing penyakit lainnya seperti kanker lambung.

Penyakit kanker lambung itu bisa terjadi karena kondisi kerongkongan akan lecet karena terus-menerus diiritasi oleh pH dari lambung, dan luka tersebut dapat menimbulkan peradangan.

Akibat peradangan yang dapat menimbulkan pendarahan itu maka dapat menyebabkan penyakit kanker lambung.

“Di kerongkongan 7,2 pH nya, tiap hari diiritasi PH 2 jadinya lecet, menebal, merah-merah di kerongkongan, adanya injury naik ke atas lecet menjadi peradangan lama makin besar, ke arah kanker nanti, setelah lima tahun hati-hati,” papar dr. Hendra. (Apfia Tioconny Billy)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sendawa Berlebih Saat Perut Kosong Bisa Bahayakan Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×