Kesehatan Umum

Seledri, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Kamis, 06 Agustus 2020 | 14:40 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Seledri, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

ILUSTRASI. Seledri ampuh meredakan asam urat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seledri, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat. Obat herbal ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang tidak ingin konsumsi obat dokter. 

Asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Umumnya, asam urat diderita oleh orang dewasa baik laki-laki atau perempuan. 

Mengutip dari Kompas.com, seseorang akan merasa nyeri sendi di bagian tertentu seperti jempol kaki saat asam urat kambuh. Asal tahu saja, seseorang menderita asam urat karena kadar purin di dalam tubuh terlalu tinggi. 

Baca Juga: Seledri, obat herbal yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit asam urat dipicu oleh banyak faktor salah satunya dari makanan yang mengandung purin tinggi. Sekedar info, contoh makanan yang mengandung purin tinggi adalah otak sapi, hati sapi, dan jeroan. 

Biasanya penderita mengonsumsi obat untuk meredakan asam urat. Opsi lainnya, penderita bisa minum obat herbal untuk menurunkan asam urat tinggi.

Cukup banyak tanaman dan rempah-rempah yang berkhasiat untuk mengobati asam urat, seledri salah satunya. 

Seledri ampuh meredakan asam urat

Banyak orang mengenal seledri sebagai bumbu masakan. Namun, siapa sangka seledri ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Salah satu kehebatan seledri di dunia kesehatan adalah ampuh mengobati penyakit asam urat. 

Asal tahu saja, seledri mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti Apigen, Phthalides, Matinol dan apiin yang bersifat diuretik (mengeluarkan kelebihan garam dan cairan dari dalam tubuh). Selain itu, seledri juga mengandung Fitosterol, Magnesium dan zat lainnya. 

Penderita asam urat tidak boleh asal mengonsumsi seledri untuk meredakan penyakitnya. Sebab, ada cara dan takaran khusus saat mengonsumsi seledri sebagai obat herbal asam urat. 

Mengutip dari Solusi Tepat Brantas Asam Urat karya Kurnia. D 2009, berikut bahan dan cara mengonsumsi seledri sebagai obat herbal asam urat. 

Bahan 

Seledri 60 Gram (daun dan batang)

Air 200 cc

Anda cuci bersih seledri tersebut kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu, Anda rebus seledri sampai menyisahkan air 100 cc. Anda minum air rebusan seledri tersebut dua kali sehari selama dua minggu. 

Baca Juga: Kumis kucing, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

 
Secara perlahan nyeri asam urat akan mereda. Anda sebaiknya juga menjalankan pola hidup sehat agar asam urat tidak lagi kambuh. 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru