kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain sesak nafas, ini 3 ciri-ciri penyakit jantung pada wanita


Rabu, 11 November 2020 / 13:58 WIB
Selain sesak nafas, ini 3 ciri-ciri penyakit jantung pada wanita
ILUSTRASI. Selain sesak nafas, ini 3 ciri-ciri penyakit jantung pada wanita. REUTERS/Fabrizio Bensch /File Photo


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Serangan jantung adalah penyakit yang jamak mengancam nyawa para wanita. Pasalnya, ciri-ciri penyakit jantung pada wanita acapkali mirip dengan penyakit lainnya, sehingga kerap tidak dianggap berbahaya.

Beberapa ciri-ciri penyakit jantung pada wanita di antaranya adalah penyakit asam lambung naik, flu, atau tanda penuaan. Diabaikan Melansir American Heart Association, ciri-ciri penyakit jantung yang khas biasanya adalah sakit dada atau nyeri dada.

Namun, sejumlah wanita yang mengalami serangan jantung tidak merasakan ciri-ciri serangan jantung khas ini. Meskipun tidak mengalami tanda penyakit jantung yang kentara, serangan jantung pada wanita juga bisa berdampak fatal.

Terutama saat penderita tidak segera diberi pertolongan medis saat terkena serangan jantung. Berikut beberapa ciri-ciri penyakit jantung pada wanita selain sakit dada yang tak boleh diabaikan:

1. Kelelahan tanpa sebab jelas

Melansir Cleveland Clinic, ciri-ciri penyakit jantung pada wanita yang kerap tidak disadari adalah munculnya rasa lelah yang tak biasa. Kelelahan karena menjalankan rutinitas atau mengerjakan aktivitas fisik yang berat umumnya normal.

Namun, wanita perlu waspada apabila kelelahan tiba-tiba muncul tanpa sebab jelas. Misalkan, wanita yang biasanya tidak merasakan lelah akut setelah berolahraga, mendadak badannya jadi ekstra lelah dan dada terasa berat.

Atau, aktivitas sederhana seperti merapikan tempat tidur, jalan ke kamar mandi, dan belanja sebentar membuat badan sangat lelah. Rasa lelah yang menjadi gejala penyakit jantung pada wanita ini terkadang sampai membuat penderita susah tidur.

Baca juga: Harga mobil Xpander diskon hingga Rp 10 juta, ada gratis asuransi, servis dll




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×