CLOSE [X]

Selain Olahraga dan Diet, Cara Menurunkan Berat Badan Perlu Perhatikan Faktor Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:04 WIB Sumber: Kompas.com
Selain Olahraga dan Diet, Cara Menurunkan Berat Badan Perlu Perhatikan Faktor Ini

ILUSTRASI. Selain Olahraga dan Diet, Cara Menurunkan Berat Badan Perlu Perhatikan Faktor Ini


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menurunkan berat badan yang banyak dilakukan adalah dengan olahraga dan diet. Namun, penelitian terbaru menyatakan cara menurunkan berat badan tidak cukup hanya dengan diet dan olahraga.

Cara menurunkan berat badan juga perlu memperhatikan kesehatan mental. Kombinasi olahraga, diet dan kesehatan mental yang baik adalah cara efektif menurunkan berat badan.

Hal ini sesuai studi yang dipublikasikan di Frontiers in Endocrinology, seperti dikutip Kompas.com dari Eat This, Minggu (9/1/2022). Studi itu menyatakan dukungan emosional dan perhatian bagi seseorang yang menjalani program penurunan berat badan lebih berdampak secara signifikan.

Para peneliti menyebut, kesehatan mental adalah kunci dalam mengurangi konsumsi makan berlebihan. Mereka menguji 42 orang dewasa yang mayoritas adalah wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) 40 atau lebih -- yang berarti masuk kategori obesitas, di mana enam orang di antaranya telah menjalani operasi untuk mengatasi obesitas.

Kemudian, para peneliti memprioritaskan agar peserta merasa aman, merasa didukung, dan bebas untuk mengekspresikan diri selama 10 pekan dalam program menurunkan berat badan. "Kami ingin mengajarkan dan membuat pasien menyadari hubungan antara berat badan dan kesehatan mental," ujar profesor dari Department of Neuromedicine and Movement Science di Norwegian University of Science and Technology, Trine Tetlie Eik-Nes.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan, Cek 6 Khasiat Jahe Merah Ini

Trine, yang merupakan pemimpin studi mengatakan, tujuan dari dilakukannya hal tersebut agar peserta penelitian menjadi lebih sadar akan tantangan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari dan strategi apa yang dapat membantu mereka menghadapinya. "Hasilnya, peserta dapat mengidentifikasi pola pikir dan gaya hidup mereka yang memicu makan berlebihan," kata Trine.

Dia berkata, seluruh peserta meminimalkan makan berlebihan hingga 30 persen. Mereka juga mengurangi permasalahan emosional mereka, seperti kecemasan, depresi, dan mudah marah.

Menurut Ahli Sementara itu, profesor di Department of Pediatrics at the Albert Einstein College of Medicine, Keith-Thomas Ayoob, menemukan hal yang serupa. Menurut dia dukungan emosional bisa sangat membantu untuk menurunkan berat badan, terutama untuk mempertahankannya agar tetap ideal.

"Langkah pertama adalah mengidentifikasi di mana (hambatan psikologis terhadap penurunan berat badan) mungkin terjadi, tidak semua orang akan dapat mengidentifikasi ini," ungkap ahli diet Morgyn Clair.

"Dalam kasus itu, mereka mungkin memerlukan bantuan seorang profesional seperti terapis kesehatan mental atau ahli gizi," lanjutnya. Hal yang penting, kata Ayoob,

Anda harus mengamati apa saja yang dimakan setiap harinya untuk dapat mengetahui hal-hal yang harus diubah terkait dengan pola makan atau diet, untuk menyukseskan program menurunkan berat badan yang sedang dijalani.

Itu cara baru untuk menurunkan berat badan secara mudah dan efektif. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Pola Makan dan Olahraga, Ilmuwan Ungkap Kunci Penting Menurunkan Berat Badan",


Penulis : Zintan Prihatini
Editor : Bestari Kumala Dewi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru