Selain Obat, Ini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Di Usia Muda

Jumat, 24 Juni 2022 | 04:50 WIB Sumber: Sonora.id
Selain Obat, Ini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Di Usia Muda


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada berbagai obat di apotik untuk menurunkan kolesterol. Jika Anda masih muda, berikut cara menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat.

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat perlu Anda coba selagi usia muda. Pasalnya, konsumsi obat sejak usia muda bisa berdampak negatif bagi kesehatan ginjal.

Kolesterol adalah salah satu jenis lipid. Ini adalah zat lilin, seperti lemak yang diproduksi hati secara alami. Zat lilin ini penting untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Kolesterol tidak larut dalam air, sehingga tidak dapat mengalir melalui darah Anda sendiri. Untuk membantu mengangkut kolesterol, hati memproduksi lipoprotein.

Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein. Lipoprotein dibagi menjadi dua, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Dikutip dari Healthline, jika darah Anda mengandung terlalu banyak kolesterol LDL, Anda mungkin didiagnosis menderita kolesterol tinggi. Tanpa pengobatan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak Secara mudah & Tanpa Obat

Lantas, bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda tanpa obat?

1. Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Cara pertama menurunkan kolesterol tinggi di usia muda tanpa obat adalah konsumsi makanan yang menyehatkan jantung. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan, seperti salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami karena makanan itu kaya dengan asam lemak Omega-3.

Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol LDL. Tetapi mereka memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya, termasuk mengurangi tekanan darah. Selain makanan itu, cobalah untuk konsumsi oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel dan pir. Makanan-makanan itu mengandung serat larut. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

2. Olahraga rutin

Cara kedua menurunkan kolesterol tinggi di usia muda tanpa obat adalah rutin berolahraga. Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol "baik".

Dengan persetujuan dokter Anda, lakukan olahraga setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

Menambahkan aktivitas fisik, bahkan dalam interval pendek beberapa kali sehari, dapat membantu Anda mulai menurunkan berat badan. Beberapa contoh olahraga:

  •     Berjalan cepat setiap hari selama jam makan siang Anda
  •     Mengendarai sepeda ke tempat kerja
  •     Memainkan olahraga favorit
  •     Agar tetap termotivasi, pertimbangkan untuk mencari teman olahraga atau bergabung dengan kelompok olahraga.

3. Berhenti merokok

Cara ketiga menurunkan kolesterol tinggi di usia muda tanpa obat adalah tidak merokok. Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.

Manfaat yang terjadi secara cepat saat berhenti merokok adalah

  •     Dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung Anda pulih dari lonjakan akibat rokok
  •     Dalam tiga bulan setelah berhenti, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru Anda mulai membaik
  •     Dalam waktu satu tahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung Anda adalah setengah dari perokok

4. Minum alkohol hanya dalam jumlah sedang

Cara keempat menurunkan kolesterol tinggi di usia muda tanpa obat adalah kurangi minum alkohol. Penggunaan alkohol dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi - tetapi manfaatnya tidak cukup kuat untuk merekomendasikan alkohol bagi siapa saja yang belum minum.

Jika Anda minum alkohol, lakukan dalam jumlah sedang. Untuk orang dewasa yang sehat, itu berarti hingga satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria yang lebih tua dari 65 tahun, dan hingga dua gelas sehari untuk pria berusia 65 tahun ke bawah.

Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke, demikian seperti dilansir dari Mayo Clinic.

Itulah berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda tanpa obat. Silakan dibuktikan!

(Ega Krisnawati)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "Nyaris Nyerah karena Bosan dengan Obat Dokter, Ternyata Kolestrol Tinggi Bisa Sembuh Hanya dengan Rutin Melakukan Hal Ini..."
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru