Kesehatan Umum

Selain nyeri dada, ini ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai

Rabu, 02 Juni 2021 | 09:45 WIB Sumber: Kompas.com
Selain nyeri dada, ini ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai

ILUSTRASI. Selain nyeri dada, ini ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Salah satu ciri penyakit jantung yang sering terjadi adalah nyeri di sekitar dada kiri. Selain itu, ada ciri lain yang bisa jadi pertanda penyakit jantung.

Ciri penyakit jantung juga dapat muncul di kulit dan kuku kita. Itulah sebabnya dokter kulit bisa menjadi dokter pertama yang memperhatikan bahwa kita menderita penyakit berbahaya ini.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang bisa terlihat di kulit dan kuku untuk diwaspadai:

1. Bengkak di kaki dan tungkai bawah

Ciri adanya ancaman penyakit jantung bisa dilihat dari bengkak kaki dan tungkai bawah. Merangkum American Academy of Dermatology Association (AAD), bengkak di kaki dan tungkai bawah bisa menjadi tanda bahwa jantung kita tidak bekerja dengan benar.

Banyak penyakit jantung menyebabkan cairan menumpuk di kaki dan tungkai bawah. Saat cairan menumpuk, Anda mungkin melihat pembengkakan yang bisa meluas hingga ke kaki bagian atas dan selangkangan.

Nama medis dari gejala penyakit jantung ini adalah edema (istilah medis untuk pembengkakan). '

Baca juga: Segar dan kaya antioksidan, ini infused water yang bisa menurunkan darah tinggi

2. Warna biru atau ungu di kulit

Ciri adanya ancaman penyakit jantung lainnya berupa warna biru atau ungu di kulit. Warna biru atau ungu di kuli Anda bisa menjadi tanda adanya penyumbatan di pembuluh darah.

Saat Anda sangat kedinginan, kulit Anda bisa membiru atau ungu. Sementara, jika area kulit Anda berwarna biru atau ungu padahal kondisi lingkungan normal atau hangat, itu bisa jadi pertanda darah Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.

Tanpa pengobatan, kekurangan oksigen ini dapat menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya pada akhirnya mati. Dalam bahasa medis, gejala penyakit jantung ini bisa dikenal sebagai sianosis (mengacu pada warna kebiruan pada kulit)

3. Garis biru atau ungu di kulit

Ciri lain potensi penyakit jantung adalah kemunculan garis biru atau ungu di kulit. Beberapa orang mungkin akan melihat garis biru atau ungu di kulit saat merasa kedinginan. Saat kulit menghangat, pola ini menghilang.

Garis biru dan ungu di kulit juga bisa muncul sebagai efek samping dari minum obat tertentu. Sayangnya, garis biru dan ungu di kulit bisa pula menjadi tanda penyakit yang disebut sindrom emboli kolesterol. Penyakit ini terjadi ketika arteri kecil tersumbat.

Penyumbatan dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ. Jadi sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti munculnya garis biru atau ungu di kulit seperti jaring. Nama medis untuk munculnya pola mirip jaring di kulit ini adalah livedo reticularis.

Simak ciri-ciri penyakit jantung di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru