kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain mudah dibuat, 5 masker jerawat ini pun efektif


Selasa, 07 Desember 2021 / 16:13 WIB
Selain mudah dibuat, 5 masker jerawat ini pun efektif
ILUSTRASI. Ada beberapa bahan alami yang cocok dijadikan masker jerawat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masker jerawat perlu segera Anda gunakan supaya masalah kulit tidak bertambah parah. Meski ada banyak produk yang dijual di pasaran, tak ada salahnya untuk menjajal bahan alami. Selain mudah dibuat, hasilnya juga cukup efektif.

Selain memakai masker, ada baiknya bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat supaya kulit tak mudah berjerawat. Pertama, hindari dehidrasi dengan minum banyak air putih. Dalam kondisi kulit kering, jerawat lebih sulit sembuh dan masalah kulit lain pun muncul.

Kedua, kelola stres dengan baik agar hormon dalam tubuh bisa terkontrol. Dengan begitu, produksi minyak pun berkurang sehingga jerawat pun jarang muncul. Ketiga, jangan sembarangan memencet jerawat. Lebih baik pakai masker agar jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Madu

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai masker untuk jerawat adalah madu. Sama seperti lidah buaya, madu mengandung antibakteri yang dapat mencegah penyebaran bakteri. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam madu bertugas untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Baca Juga: Baik untuk Anda, ini 6 manfaat buah naga untuk kesehatan

Lidah Buaya

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa lidah buaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mengatasi munculnya jerawat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki banyak air sehingga bisa melembabkan kulit.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat. Pastikan untuk memilih produk yang mengandung minimal 10% gel lidah buaya, ya. Tentu saja akan lebih baik jika Anda memakai gel lidah buaya asli tanpa tambahan bahan kimia.

Minyak Kelapa

Masker jerawat bisa datang dari minyak kelapa.

Minyak kelapa cocok dijadikan masker untuk jerawat. Sama seperti bahan-bahan alami yang lain, minyak kelapa mengandung antiinflamasi dan antibakteri sehingga proses penyembuhan jerawat bisa lebih cepat.

Caranya, oleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang berjerawat lalu tunggu sampai kering. Untuk mempercepat proses penyembuhan dan agar hasilnya maksimal, lakukan cara tersebut sesering mungkin.

Baca Juga: 6 Khasiat daun binahong, mampu tingkatkan tekanan darah

Kunyit dan Madu

Kunyit dan madu dipenuhi dengan antiinflamasi dan antibakteri yang bisa menyembuhkan jerawat lebih cepat. Campur ½ sdt bubuk kunyit dan 1 sdm madu, aduk rata, kemudian aplikasikan kulit. Setelah 15 menit, bersihkan wajah menggunakan air.

Teh Hijau

Teh hijau dapat Anda jadikan masker jerawat.

Salah satu penyebab umum munculnya jerawat adalah produksi minyak atau sebum yang terlalu tinggi. Hal itu dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Jika Anda ingin mengurangi produksi minyak di kulit, cobalah untuk memanfaatkan teh hijau.

Katekin, salah satu jenis antioksidan yang terdapat dalam teh hijau, mampu memecah bahan kimia dan zat sisa yang berbahaya untuk kesehatan sel kulit. Selain itu, teh hijau pun mampu melawan serangan bakteri penyebab jerawat dan meredakan inflamasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×