Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan

Senin, 05 September 2022 | 12:50 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Air mentimun bisa membantu menurunkan berat badan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air mentimun, segar dan kaya akan antioksidan. Ini manfaat air mentimun untuk kesehatan salah satunya mencegah diabetes.  

Air mentimun segar diminum kapan saja. Selain bisa menghilangkan rasa haus di tenggorokan, air mentimun kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Makanan Ini Efektif Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

Berikut 7 manfaat air mentimun untuk kesehatan bila diminum secara rutin yang dilansir dari Healthline. 

1. Menjaga cairan tubuh 

Minum air bermanfaat untuk menjaga organ tubuh berfungsi dengan baik. Menurut American Academy of Family Physicians, umumnya orang harus minum sekitar enam sampai delapan gelas per hari. 

Menambahkan mentimun dalam air bisa memberikan sensasi rasa yang lebih segar, sehingga Anda ingin minum air lebih banyak. 

2. Menurunkan berat badan 

Tubuh yang terhidrasu membuat Anda merasa kenyang. Sehingga, Anda tidak ingin mengemil atau makan dalam porsi yang besar. 

Minum air mentimun bisa menghilangkan rasa lapar.

3. Mencegah berbagai penyakit kronis 

Mentimun merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan. Dalam sebuah mentimun mengandung vitamin C, beta karoten, mangan, molibdenum, dan flavonoid. 

Penelitian menunjukkan antioksidan bisa mencegah berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, alzhaimer, dan degenerasi mata. 

4. Mencegah kanker 

Beberapa penelitian awal menunjukkan mentimun bisa membantu memerangi kanker. 

Selain bersifat antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa cucurbitacins dan lignan yang berperan dalam mencegah kanker. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cancer Research menyarankan diet flavonoid fisetin yang ditemukan dalam mentimun bisa membantu memperlambat perkembangan kanker prostat. 

5. Menurunkan tekanan darah 

Mentimun merupakan sumber potasium yang baik. Minum air mentimun membantu tubuh mendapatkan lebih banyak potasium yang berperan membantu menurunkan tekanan darah, 

6. Menjaga kesehatan kulit 

Air mentimun bisa membantu menenangkan kulit dari luar. Selain itu, mentimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B5 yang digunakan untuk mengobati jerawat. 

Asal tahu saja, satu cangkir irisan mentimun sehar mengandung sekitar 5% dari kebutuhan harian vitamin B5 yang direkomendasikan. 

7. Meningkatkan kesehatan tulang 

Satu cangkir mentimun mengandung sekitar 19% dari nilai harian vitamin K yang direkomendasikan. 

Tubuh membutuhkan vitamin K untu membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta membantu pembekuan darah yang baik. 

Baca Juga: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Kurang Dari 2 Minggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru