Selain Mencegah Diabetes, Ini Manfaat CIncau yang Sudah Dibuktikan Secara Ilmiah

Jumat, 02 September 2022 | 16:00 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Mencegah Diabetes, Ini Manfaat CIncau yang Sudah Dibuktikan Secara Ilmiah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cincau kaya akan antioksidan yang memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya mencegah diabetes.  

Para penggemar kuliner tradisional pasti sudah tidak asing dengan cincau. Ya, cincau banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan penutup. 

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol, Ini Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

Mengutip dari Live Strong, cincau disebut-sebut bahan alami yang bersifat antioksidan, antikanker, antibakteri, dan antihipertensi. 

Cincau terbagi dalam dua jenis yakni cincau hitam dan cincau hijau. Cincau hitam dibuat dari tanaman Mesona palustris, sedangkan cincau hijau terbuat dari tanaman Cyclea barbata Miers, 

Cincau hitam dan cincau hijau sama-sama mengandung fenolik dan fitokimia seperti flavonoid dan tanin yang memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Manfaat cincau 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food and Public Health pada Maret 2013, cincau sering digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, dan melindungi tubuh dari diabetes serta penyakit hati. 

Dalam laporan tersebut mencatat bahwa cincau mungkin juga: 

  • Bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas 
  • Melawan bakteri yang berpotensi berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi 
  • Melindungi tubuh dari kanker 
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Para peneliti dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Procedia Chemistru pada bulan Desember 2014 mengamati cincau hijau secara khusus. 

Mereka menemukan bahwa cincau mengandung flavonoid, kelas fitonutrien tertentu yang bisa membantu meningkatkan kesehatan usus, mencegah diare, dan melindungi dari sariawan serta sakit maag. 

Para peneliti dari laporan Oktober 2017 di Journal of Engineering and Science Research berfokus pada manfaat concau hitam menunjukkan bahwa salah satu manfaat kesehatan cincau hitam berasal dari sifat antioksidannya. 

Kaya akan antioksidan, cincau hitam terbukti bisa melindungi sel beta di pankreas yang bisa membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Para ahli mencatat bahwa cincau hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada Januari 2018 menunjukkan bahwa cincau bisa membantu mengontrol kadar gula darah saat dimakan dengan karbohidrat kompleks.Namun, manfaat yang sama tidak terlihat pada karbohidrat sederhana. 

Baca Juga: Teh kunyit jahe bisa membersihkan paru-paru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru