kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain jeruk, ini deretan buah yang kaya vitamin C


Kamis, 06 Mei 2021 / 12:18 WIB
Selain jeruk, ini deretan buah yang kaya vitamin C


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Selain jeruk, berikut daftar buah-buahan yang kaya vitamin C.

Ada banyak manfaat penting yang dimiliki vitamin C. salah satunya adalah menjaga sistem imun tubuh Anda. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan jenis vitamin itu, ada banyak pilihan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Daripada mengonsumsi suplemen vitamin C, buah-buahan bisa menjadi opsi yang lebih tepat. Alasannya karena buah-buahan juga mengandung nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Mengutip Good Housekeeping (goodhousekeeping.com), wanita disarankan mengonsumsi 75 mg vitamin C per hari dan pria 90 mg.

Salah satu jenis buah yang umumnya digunakan sebagai sumber vitamin C adalah jeruk. Bukan tanpa alasan, jeruk mengandung 70 mg vitamin C atau bisa memenuhi 78% kebutuhan vitamin C harian. Namun, selain jeruk masih banyak buah vitamin C lain yang bisa Anda pilih.

Buah Kiwi

Apakah Anda suka mengonsumsi buah kiwi? Ternyata, buah itu mengandung banyak vitamin C, lo. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 64 mg vitamin C. Artinya, mengonsumsi buah tersebut dapat memenuhi 71% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Baca Juga: Sederet manfaat infused water lemon untuk kesehatan

Jeruk Bali

Jeruk bali juga termasuk dalam daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapat 39 mg vitamin C dengan mengonsumsi setengah jeruk bali berukuran sedang. Jika Anda mengonsumsi satu buah jeruk bali secara utuh, tentu saja jumlah vitamin C yang Anda dapat menjadi dua kali lipat.

Anda bisa mengonsumsi jeruk bali secara langsung, mencampurnya dengan makanan bergizi lain dalam bentuk salad, atau mengolahnya menjadi jus. Jika Anda ingin minum jus jeruk bali, pastikan untuk tidak memberikan pemanis tambahan terlalu banyak, ya.

Blewah

Blewah termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin C. Good Housekeeping mengatakan bahwa mengonsumsi setengah gelas blewah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 32%. Tak hanya mengandung vitamin C, jenis buah itu juga memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lemon

Lemon tidak boleh ketinggalan dari daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C. dalam satu buah lemon, Anda bisa mendapat 34 mg vitamin C. Cara untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Anda bisa mencampurnya dengan air atau menggunakannya dalam salad.

Tidak hanya mengandung banyak vitamin C, lemon juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi, lo. Apalagi zat besi yang berasal dari sumber nabati, misalnya kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi lemon secara rutin, kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Baca Juga: Khasiat sawi hijau, dari sumber antioksidan hingga vitamin K

Mangga

Mangga bisa Anda jadikan pilihan makanan yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapat 45 mg vitamin C dengan mengonsumsi ¾ gelas mangga. Tak hanya terasa segar dan memiliki vitamin C yang tinggi, mangga juga dipenuhi dengan mineral yang lain. Misalnya, folat dan tembaga.

Selanjutnya: Catat! Ini 12 buah-buahan yang efektif menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×