kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain gula, ini daftar makanan pantangan bagi penderita diabetes & penyakit ginjal


Jumat, 24 September 2021 / 11:28 WIB
Selain gula, ini daftar makanan pantangan bagi penderita diabetes & penyakit ginjal
ILUSTRASI. Selain gula, ini daftar makanan pantangan bagi penderita diabetes & penyakit ginjal


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selain makanan mengandung gula, ada banyak makanan pantangan yang harus dihindari penderita diabetes dan penyakit ginjal. Simak daftar makanan pantangan bagi penderita diabetes dan penyakit ginjal berikut ini.

Ginjal Anda adalah organ yang memainkan beberapa peran penting dalam kesehatan Anda. Mereka membantu menyaring darah, membuang produk limbah, menghasilkan hormon, menjaga tulang kuat, mengatur keseimbangan cairan, dan mengatur tekanan darah.

Sayangnya, ginjal bisa rusak dan menjadi kurang efisien seiring waktu. Ini biasa disebut penyakit ginjal dan diderita oleh sekitar 10 persen orang dewasa di seluruh dunia.

Berbagai faktor dan kondisi kesehatan, termasuk diabetes, dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal.

Akibatnya, sekitar 1 dari 3 orang dewasa dengan diabetes juga memiliki penyakit ginjal. Pedoman diet untuk penyakit ginjal dan diabetes bervariasi berdasarkan stadium penyakit ginjal.

Tujuannya adalah untuk mencegah penumpukan berbagai bahan kimia, nutrisi, dan produk limbah dalam darah untuk menjaga fungsi ginjal. Orang dengan penyakit ginjal dan diabetes harus memantau asupan gula dan mineral natrium, kalium, dan fosfor.

Umumnya, orang dengan penyakit ginjal harus mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg masing-masing natrium. Mereka juga harus memantau asupan kalium dan fosfor mereka sesuai dengan saran dokter mereka.

Pedoman Prakarsa Kualitas Hasil Penyakit Ginjal (KDOQI) terbaru dari National Kidney Foundation tidak menetapkan batasan khusus pada kalium atau fosfor. Orang dengan penyakit ginjal juga harus memantau asupan proteinnya karena ginjal mungkin kesulitan menyaring produk limbah dari metabolisme protein.

Di sisi lain, orang dengan penyakit ginjal stadium akhir mungkin membutuhkan lebih banyak protein. Kebutuhan nutrisi bagi penderita penyakit ginjal berbeda-beda tergantung seberapa parah penyakitnya. Profesional kesehatan dan ahli diet terdaftar dapat memberi tahu tentang kebutuhan protein dan nutrisi lainnya.

Berikut adalah daftar makanan pantangan yang harus dihindari penderita penyakit ginjal dan diabetes.

1. Daging olahan

Makanan pertama yang menjadi pantangan penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah daging olahan. Daging olahan dibuat dengan cara mengeringkan, mengasinkan, mengawetkan, atau mengasapi daging untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan umur simpannya.

Bacon, daging deli, sosis, dan dendeng adalah beberapa jenis daging olahan yang umum. Karena daging olahan biasanya diasinkan, mereka memiliki kandungan natrium yang tinggi.

Misalnya, porsi standar 3 ons (85 gram) bacon mengandung 1.430 mg sodium, yang hampir 62 persen dari kebutuhan sodium harian Anda dengan penyakit ginjal. Makanan tinggi natrium tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes karena kelebihan natrium dapat secara signifikan membebani ginjal.

Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penumpukan cairan di tempat-tempat seperti pergelangan kaki, di sekitar jantung, dan paru-paru. Alih-alih daging olahan, pilih potongan daging tanpa kulit seperti fillet dada ayam yang mengandung lebih sedikit natrium. Namun, seperti semua makanan kaya protein, makanlah dalam jumlah sedang berdasarkan stadium penyakit ginjal.

2. Soda berwarna gelap

Pantangan kedua penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah minum soda berwarna gelap. Soda, terutama varietas berwarna gelap, tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes. Soda berwarna gelap mengandung fosfor, yang digunakan untuk mencegah perubahan warna, memperpanjang umur simpan, dan menambah rasa.

Kebanyakan soda berwarna gelap mengandung 90-180 mg fosfor per porsi 12 ons (355-mL). Meskipun ini mungkin tidak tampak banyak dibandingkan dengan batas atas harian, soda mengandung jenis fosfor yang berbeda dari yang ditemukan secara alami dalam makanan.

Itu tidak terikat pada protein tetapi muncul dalam bentuk garam, yang berarti lebih mudah diserap ke dalam darah. Ginjal yang sehat dapat dengan mudah membuang kelebihan fosfor dari darah, tetapi tidak demikian halnya jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Memiliki kadar fosfor darah tinggi untuk waktu yang lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, melemahkan tulang, dan meningkatkan risiko kematian dini. Soda dan minuman manis lainnya juga mengandung banyak gula tambahan sehingga tidak ideal untuk orang yang menderita diabetes karena tubuh mereka tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan benar.

Memiliki kadar gula darah tinggi dalam jangka waktu lama dapat merusak saraf, merusak ginjal lebih lanjut, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Alih-alih soda, pilihlah minuman yang rendah gula dan fosfor, seperti air putih, teh tanpa pemanis, atau air soda yang dicampur dengan irisan buah atau sayuran.

3. Buah tinggi kalium

Makanan ketiga yang menjadi pantangan penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah buah tinggi kalium. Umumnya, buah-buahan sehat dan dikemas dengan vitamin dan mineral. Namun, orang dengan penyakit ginjal dan diabetes mungkin perlu membatasi asupan buah-buahan tertentu, terutama yang tinggi gula dan potasium.

Jika Anda memiliki penyakit ginjal, tubuh Anda tidak dapat mengeluarkan kalium dengan benar sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar kalium darah, juga dikenal sebagai hiperkalemia. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan otot, masalah jantung, dan bahkan kematian.

Buah-buahan tinggi kalium yang menjadi pantangan penderita ginjal dan diabetes antara lain pisang, alpukat, aprikot, kiwi, dan jeruk.

4. Buah kering

Makanan keempat yang menjadi pantangan penderita penyakit  ginjal dan diabetes adalah buah kering. Buah kering dibuat dengan menghilangkan air dari buah melalui berbagai proses. Cara ini menciptakan buah-buahan kecil dan padat yang kaya energi dan nutrisi.

Buah-buahan kering tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes karena tinggi gula dan mineral seperti potasium. Faktanya, hanya satu setengah cangkir (65 gram) aprikot kering mengandung sekitar 755 mg potasium.

Selain itu, buah-buahan kering mengandung gula yang cepat dicerna, yang tidak ideal jika Anda menderita diabetes.

5. Kebanyakan kacang dan lentil

Makanan kelima yang menjadi pantangan penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah konsumsi kacang dan lentil dalam jumlah banyak. Dalam kebanyakan kasus, kacang-kacangan dan lentil dianggap sehat dan nyaman. Namun, bagi penderita penyakit ginjal dan diabetes, kacang-kacangan dan lentil - baik kalengan maupun segar - tidak ideal karena kandungan fosfornya yang relatif tinggi.

Versi kalengan biasanya juga tinggi sodium. Misalnya, 1 cangkir (185 gram) lentil kalengan mengandung 633 mg kalium dan 309 mg fosfor. Jika Anda menikmati kacang-kacangan dan lentil, Anda masih bisa memakannya dalam jumlah kecil tetapi tidak sebagai komponen karbohidrat standar makanan Anda.

Jika Anda memilih kacang kalengan dan lentil, pilihlah versi rendah sodium atau "tanpa tambahan garam". Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengeringkan dan membilas makanan kaleng dapat mengurangi kandungan natriumnya sebanyak 33-80 persen, tergantung pada produknya.

6. Makanan kemasan, makanan instan, dan makanan cepat saji

Makanan keenam yang menjadi pantangan penderita penyakit  ginjal dan diabetes adalah makanan kemasan, instan dan cepat saji. Makanan kemasan, makanan instan, dan makanan cepat saji cenderung tinggi sodium sehingga tidak ideal untuk seseorang dengan penyakit ginjal dan diabetes.

Beberapa contoh makanan kemasan, makanan instan dan makanan cepat saji yang menjadi pantangan penderita ginjal dan diabetes adalah mi instan, pizza beku, makanan kotak beku, dan jenis makanan microwave lainnya. Makanan ini juga banyak diproses dan seringkali tinggi karbohidrat olahan. Ini tidak ideal jika Anda menderita diabetes karena karbohidrat olahan dicerna dengan cepat dan cenderung meningkatkan kadar gula darah.

7. Jus buah kemasan

Pantangan ketujuh penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah konsumsi jus buah kemasan. Hindari jus buah kemasan dan minuman kemasan manis lainnya jika Anda memiliki penyakit ginjal dan diabetes. Minuman ini cenderung tinggi gula tambahan yang dapat menyebabkan lonjakan cepat gula darah.

Hal ini mengkhawatirkan karena diabetes mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap gula dengan baik dan kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Selain itu, jus buah kemasan tertentu kaya akan mineral seperti potasium. Misalnya, secangkir (240 mL) jus jeruk mengandung sekitar 443 mg potasium

8. Bayam, bit, lobak, dan sayuran berdaun hijau tertentu lainnya

Makanan kedelapan yang menjadi pantangan penderita penyakit  ginjal dan diabetes adalah bayam, bit, lobak dan sayuran berdaun hijau. Berbagai sayuran berdaun hijau, seperti bayam, lobak, dan bit, mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi seperti potasium. Hanya 1 cangkir (30-38 gram) sayuran mentah mengandung 136-290 mg potasium.

Ingatlah bahwa ketika sayuran berdaun ini dimasak, mereka menyusut ke ukuran yang jauh lebih kecil tetapi masih mengandung jumlah potasium yang sama. Bayam, bit, lobak, dan sayuran berdaun lainnya juga kaya akan asam oksalat, yakni senyawa organik yang dapat membentuk oksalat setelah terikat dengan mineral seperti kalsium.

Oksalat dapat membentuk batu ginjal pada orang yang rentan. Selain menyakitkan, batu ginjal lebih lanjut dapat merusak ginjal Anda dan mengganggu fungsinya.

9. Makanan ringan

Makanan kesembilan yang menjadi pantangan penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah camilan atau makanan ringan. Makanan ringan seperti keripik, kerupuk, dan pretzel biasanya tinggi garam dan karbohidrat olahan, yang membuatnya tidak cocok untuk mereka yang menderita penyakit ginjal dan diabetes.

Beberapa makanan ringan, seperti keripik kentang, juga mengandung mineral lain yang tinggi, seperti kalium atau fosfor, baik secara alami atau sebagai hasil dari aditif. Misalnya, satu kantong keripik kentang ukuran sedang (57 gram) mengandung 682 mg kalium, 300 mg natrium, dan 87 mg fosfor.

Makanan ringan harus dibatasi atau dihindari sebagai bagian dari diet sehat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti penyakit ginjal dan diabetes. Sebagai gantinya, bereksperimenlah dengan camilan ramah diabetes yang padat nutrisi.

10. Kentang dan ubi jalar

Makanan kesepuluh yang menjadi pantangan penderita penyakit ginjal dan diabetes adalah kentang dan ubi jalar. Kentang dan ubi jalar mengandung potasium tinggi yang dapat menjadi perhatian bagi penderita penyakit ginjal, terutama mereka yang memiliki penyakit ginjal stadium akhir.

Misalnya, kentang panggang sedang (156 gram) mengandung 610 mg kalium, dan kentang manis panggang standar (114 gram) mengandung 541 mg kalium. Namun, kentang dan ubi jalar dapat direndam atau dicuci untuk mengurangi kandungan potasiumnya secara signifikan.

Dalam sebuah penelitian, merebus kentang kecil dan tipis selama setidaknya 10 menit mengurangi kandungan potasiumnya sekitar 50 persen. Dalam penelitian lain, merendam kentang setelah dimasak mengurangi kandungan kalium sebanyak 70 persen sehingga menghasilkan kadar kalium yang cocok untuk penderita penyakit ginjal.

Meskipun metode ini dapat menurunkan kandungan potasium, kentang dan ubi jalar masih tinggi karbohidrat. Jadi ada baiknya untuk memakannya dalam jumlah sedang jika Anda menderita diabetes.

Itulah daftar makanan pantangan bagi penderita penyakit ginjal dan diabetes. Jangan konsumsi makanan di atas agar penyakit tersebut tidak kambuh,

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Makanan yang Pantang bagi Penderita Penyakit Ginjal dan Diabetes",


Penulis : Galih Pangestu Jati
Editor : Galih Pangestu Jati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×