Selain Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi, Ini 14 Manfaat Kunyit

Kamis, 06 Oktober 2022 | 09:50 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Selain Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi, Ini 14 Manfaat Kunyit

ILUSTRASI. Banyak orang yang belum mengetahui, kunyit memiliki segudang manfaat.

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kunyit kuning sering dipakai untuk menyempurnakan rasa makanan. Namun, banyak orang yang belum mengetahui, kunyit memiliki segudang manfaat. 

Pasalnya, kunyit mengandung kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Mengutip laman Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta, kunyit memiliki 15 manfaat ini:

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika Anda penderita diabetes cobalah mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.

2. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg). 

Baca Juga: 4 Cara Alami Menurunkan Asam Urat, Cukup Minum Air Putih

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

3. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

4. Mengatasi Perut yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Imunitas, Simak 5 Jenis Teh Beserta Manfaatnya

5. Mengurangi Nyeri saat Haid

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

6. Mengobati Metastasis Kanker

Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker ini Anda bisa gunakan kunyit putih. Kegunaan kunyit putih ini dapat bermanfaat untuk kanker rahim, usus besar, dan payudara.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru