Sehat dan Lezat, Coba 8 Makanan Penurun Kolesterol Ini, Yuk

Senin, 31 Januari 2022 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sehat dan Lezat, Coba 8 Makanan Penurun Kolesterol Ini, Yuk

ILUSTRASI. Terong termasuk salah satu makanan penurun kolesterol.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki jumlah kolesterol dalam tubuh yang tidak terkontrol bisa memicu berbagai macam penyakit. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan supaya kesehatan tubuh Anda terjaga adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Tubuh memang membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, hal tersebut bisa terganggu saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak. Penumpukan kolesterol dapat mengganggu aliran darah.

Akibatnya, tekanan darah meningkat sehingga risiko penyakit jantung pun jadi lebih besar. Meski Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan ini, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika ada jenis obat tertentu yang sedang Anda konsumsi.

Alpukat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), mengonsumsi alpukat bisa Anda jadikan kebiasaan. Jenis buah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik. Dengan begitu, kondisi jantung menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa, Bisa Menurunkan Berat Badan, Lho

Terong

Menurunkan kolesterol bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi 100 g terong. Selain mengontrol jumlah kolesterol, mengonsumsi terong juga menurunkan risiko penyakit lain. Contohnya, stroke dan obesitas.

Teh Hijau

Teh hijau jadi bahan alami selanjutnya yang efektif menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena adanya katekin, salah satu senyawa yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai termasuk dalam daftara makanan penurun kolesterol.

Makan kacang kedelai, tahu, tempe, atau olahan kacang kedelai lain ternyata bisa menurunkan kolesterol, lho. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 25 g kacang kedelai per hari bisa mengurangi kolesterol sebanyak 5%.

Oatmeal

Jika Anda mencari makanan penurun kolesterol, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal. Dalam sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi 70 g oatmeal selama 28 hari mengalami penurunan kolesterol sebanyak 11.6%.

Seseorang membutuhkan 3 g serat per hari untuk menurunkan kolesterol. Nah, jumlah itu bisa Anda dapat dengan mengonsumsi 70 g oatmeal. Anda bisa mengolah oatmeal menjadi bubur dan menggabungkannya dengan makanan bergizi lain, misalnya buah-buahan.

Baca Juga: Sering Tidak Disadari! Ini Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Apel

Medical News Today merekomendasikan apel untuk menurunkan kolesterol. Anda bisa mendapat 3-7 g serat dengan mengonsumsi satu buah apel. Tak hanya serat, jumlah kolesterol juga bisa turun karena apel mengandung senyawa yang bernama polifenol.

Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis produk olahan susu yang bisa Anda manfaatkan sebagai penurun kolesterol. Akan tetapi, pastikan untuk mengonsumsi yogurt tanpa pemanis tambahan, ya. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan makanan bergizi lain, seperti buah, oatmeal, dan lain-lain.

Cokelat Hitam

Tahukah Anda bahwa cokelat hitam termasuk salah satu makanan penurun kolesterol? Antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat dalam cokelat hitam berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meski demikian, Anda perlu membatasi konsumsi cokelat hitam supaya tidak ada efek samping yang muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru