kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segar dan Kaya Air, Ini Manfaat Mentimun untuk Kesehatan


Sabtu, 25 Februari 2023 / 13:20 WIB
Segar dan Kaya Air, Ini Manfaat Mentimun untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Mentimun bermanfaat mengontrol gula darah.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mentimun kerab dijadikan sayur lalapan. Faktanya, mentimun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  

Umumnya mentimun diolah menjadi acar dan dijadikan pelengkap menu makanan. Namun, tidak sedikit orang yang mengolah mentimun menjadi minuman seperti sorbet atau jus. 

Baca Juga: Tidak Mengandung Lemak Jenuh, Ini Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

Tidak heran, mentimun mengandung banyak air yang segar bila dijadikan minuman. Asal tahu saja, mentimun mengandung sekitar 95% kadar air yang membantu mengatasi dehidrasi. 

Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. mentimun mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  

Tidak hanya meningkatkan imun tubuh, mentimun menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Anda penasaran? 

Berikut manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh Anda.   

1. Kesehatan kulit dan rambut 

Mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. 

Anda bisa menggosokkan kulit mentimun ke bagian kulit yang iritasi. Mentimun juga mengandung sulfur dan silikon untuk pertumbuhan rambut sehat. 
Selain itu, irisan mentimun juga bermanfaat meringankan bengkak di bawah mata.     

2. Mengontrol kadar gula darah 

Salah satu manfaat paling baik dari makan mentimun adalah membantu pasien diabetes mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memroduksi insulin.     

3. Melawan Kanker 

Mentimun mengandung tiga lignan yaitu, pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.    
 
4. Mengurangi sakit kepala dan mabuk 

Mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi hari. Hal ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.     

5. Menurunkan kolesterol 

Sejumlah peneliti menemukan bahwa mentimun mengandung "sterol", yaitu senyawa yang membantu mengurangi kadar kolesterol Anda.     

6. Mengontrol tekanan darah 

Mentimun mengandung magnesium, kalium, dan serat yang bisa membantu mengontrol tekanan darah Anda. Dengan konsumsi mentimun, menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.     

7. Membantu penurunan berat badan 

Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga bermanfaat menurunkan berat badan berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Mentimun membantu Anda mencapai berat badan ideal.     

8. Meredakan nyeri sendi dan encok 

Mentimun merupakan sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6. Mengonsumsi mentimun setiap hari bisa mengurangi nyeri persendian, encok, dan menurunkan kadar asam urat.(Dian Maharani) 

Baca Juga: 5 Manfaat Pisang Jika Dimakan Setiap Hari, Membuat Ginjal Semakin Sehat
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Manfaat Tak Terduga Konsumsi Mentimun", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×