Sederet manfaat kunyit untuk kecantikan kulit wajah, tak disangka!

Jumat, 12 November 2021 | 06:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Sederet manfaat kunyit untuk kecantikan kulit wajah, tak disangka!

KONTAN.CO.ID - Kunyit sering hadir dalam resep makanan khas Indonesia. Herbal yang dikenal bahan dasar jamu ini pun terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, tak terkecuali untuk wajah.

Tak heran, beberapa produk kosmetik dan kecantikan menggunakan racikan kunyit di dalamnya. Manfaat kunyit untuk wajah ternyata dapat diperoleh dengan cara membuat masker wajah alami.

Masker kunyit untuk wajah dipercaya bisa bermanfaat untuk membuat kulit wajah semakin cantik, bersinar, serta bebas masalah kulit. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat masker kunyit untuk wajah, dikutip dari Women Health.

Baca Juga: Ini harga resmi All New Honda BR-V, mulai dari Rp 275 jutaan

1. Mengatasi hiperpigmentasi

Dilansir dari Women Health, manfaat kunyit untuk wajah dengan cara mengoleskan maskernya secara rutin diyakini baik untuk mengatasi noda hitam akibat hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan bercak-bercak tampak lebih gelap dari kulit di area sekitarnya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan krim berbahan dasar kunyit selama 4 minggu berturut-turut dapat menurunkan masalah hiperpigmentasi sebesar 14 persen.

2. Mencerahkan wajah secara alami

Kombinasi zat antiradang dan antioksidan yang ada dalam kunyit dapat bantu membuat kulit wajah lebih cerah alami. Untuk mendapatkan manfaat yang dimaksud, Anda bisa mencoba masker wajah berbahan dasar kunyit.

Aplikasikan racikan tersebut ke wajah secara merata, dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air bersih yang mengalir setelahnya.

3. Menghilangkan bekas jerawat

Masker wajah berbahan dasar kunyit juga bisa bantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya. Sifat antiradang yang dimiliki kurkumin pada kunyit dapat pula memperbaiki struktur pori-pori wajah.

Hal ini membuatnya mampu membuat kulit lebih ‘tenang’ sehingga jaringan parut ikut berkurang.

4. Menghilangkan kerutan di wajah

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa kunyit dapat menghilangkan kerutan dan garis-garis halus di wajah.

Hal tersebut dikaitkan dengan kemampuan kunyit dalam meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan sehingga membuat kerutan di wajah menjadi tersamarkan.

5. Meredakan kantung mata 

Kantung mata yang gelap dapat mengganggu penampilan. Kunyit adalah salah satu bahan yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Kunyit bisa memberikan manfaat demikian berkat sifat antiradang, yang dapat berperan merangsang sirkulasi darah sehingga membantu mengurangi bengkak di bawah mata.

Baca Juga: Varian AY.4.2 sudah masuk Malaysia, Indonesia waspada!

Anda dianjurkan untuk tidak langsung menggunakan ramuan kunyit pada kulit sebelum melakukan uji coba sederhana. Caranya, oleskan sedikit bagian kuning pada kunyit di lengan dan tunggu selama 24-48 jam.

Apabila muncul iritasi, kemerahan atau bengkak; sebaiknya hindari penggunaan kunyit dalam bentuk apa pun tanpa pengawasan dari dokter.

Selanjutnya: Pahami 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif, Yuk!

Editor: Helvana Yulian
Terbaru