kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sederet manfaat buah nanas untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin


Senin, 25 Januari 2021 / 18:10 WIB
Sederet manfaat buah nanas untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah nanas memiliki citarasa manis dan kaya akan mineral. Selain bisa menyegarkan tubuh, ini manfaat buah nanas untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin.  

Buah nanas adalah salah satu buah yang tak kenal musim. Buah bercita rasa asam manis menyegarkan ini bisa dengan mudah dijumpai sepanjang waktu. 

Baca Juga: 2 Manfaat jus nanas untuk kesehatan tubuh Anda

Tak hanya bisa dimakan langsung, buah nanas juga kerap diolah menjadi berbagai jenis dan bentuk makanan lain, seperti selai, sirup, dan manisan. 

Di balik kelezatan buah yang berasal dari tanaman semak ini, buah nanas memiliki ragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Ditinjau dari segi kandungan gizinya, buah nanas antara lain memiliki sumber zat pengatur, yakni vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. 

Kandungan gizi buah nanas 

Melansir Live Science, berikut adalah fakta nutrisi yang terkandung di dalam buah nanas mentah (165 gram bahan), menurut Departemen Pertanian AS (USDA). 

  • Kalori 74 
  • Total Lemak 0 g 
  • Kolesterol 0 mg 
  • Sodium 2 mg 
  • Kalium 206 mg 
  • Total Karbohidrat 19,5 g 
  • Gula 13,7 g 
  • Protein 1g 
  • Vitamin C 28 mg 
  • Kalsium 21 mg 

Kandungan nutrisi nanas kalengan relatif berbeda dengan buah nanas mentah. Menurut USDA, buah nanas kalengan biasanya lebih tinggi kalori dan lebih tinggi gula. 

Buah nanas kalengan juga mengandung lebih sedikit vitamin dan mineral. Jika Anda memilih buah nanas kalengan, cobalah mencari yang tanpa gula tambahan. 

Manfaat buah nanas untuk kesehatan 

Oleh karena kandungan nutrisinya, berikut ini ragam manfaat buah nanas untuk kesehatan: 

1. Penangkal penyakit 

Melansir Health Line, buah nanas tak hanya kaya akan nutrisi, tapi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif. 

Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh. 

Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya. 

Buah nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik. 

Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas terikat. Ini memungkinkan antioksidan untuk bertahan dalam kondisi yang lebih keras di dalam tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama. 

2. Membantu proses pencernaan 

Buah nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida kecil. 

Setelah molekul protein dipecah, zat ini lebih mudah diserap di usus kecil. 

Manfaat buah nanas dapat sangat membantu bagi orang-orang dengan kekurangan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup. 

Bromelain dalam nanas juga dapat digunakan sebagai pelunak daging karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras. 

3. Mengurangi risiko kanker 

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangan kanker umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena nanas dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. 

Salah satu dari senyawa yang bermanfaat untuk mencegah kanker ini adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Bromelain dilaporkan dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan menstimulasi kematian sel. 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Buah Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. 

Buah nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan. 

Sebuah studi selama sembilan minggu terhadap 98 anak-anak yang dibagi menjadi tiga kelompok, yakni tidak diberi nanas, diberi nanas dengan jumlah sedang (140 g), dan banyak (280 g) mengungkap bahwa ada perbedaan status kekebalan tubuh pada mereka setelah. 

Setelah diteliti, anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. 

Sementara, anak-anak yang paling banyak makan buah nanas memiliki hampir empat kali lipat sel darah putih (granulosit) yang melawan penyakit dibandingkan dua kelompok lainnya. 

Studi lain menemukan bahwa anak-anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat setelah mengonsumsi suplemen bromelain, dibandingkan dengan pengobatan standar atau kombinasi keduanya. 

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi tanda-tanda peradangan. Diyakini bahwa sifat anti-inflamasi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

6. Meringankan radang sendi rematik 

Karena buah nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, buah ini dianggap juga dapat meredakan rasa sakit bagi mereka yang menderita radang sendi atau arthritis. 

Bahkan, penelitian sejak 1960-an menunjukkan bahwa bromelain digunakan untuk meredakan gejala rematik atau rheumatoid arthritis. 

Beberapa penelitian terbaru telah melihat keefektifan bromelain untuk mengobati radang sendi. 

Satu studi pada pasien dengan osteoarthritis menemukan bahwa mengambil suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain membantu meringankan rasa sakit sama efektifnya dengan obat-obatan arthritis yang umum seperti diklofenak. 

Selanjutnya, sebuah ulasan menganalisis kemampuan bromelain untuk mengobati osteoartritis. Disimpulkan bahwa bromelain memiliki potensi untuk meredakan gejala radang sendi, terutama dalam jangka pendek. 

Namun, tidak jelas apakah bromelain dapat menjadi pengobatan jangka panjang untuk gejala radang sendi. 

Diperlukan studi yang lebih lama sebelum merekomendasikan bromelain untuk meredakan gejala radang sendi. 

7. Percepat penyembuhan luka setelah operasi 

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari luka operasi atau berolahraga berat. Manfaat ini sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain dalam nanas. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan rasa sakit yang sering terjadi setelah operasi. 

Bromelain juga tampaknya bisa mengurangi tanda-tanda peradangan. Sebagai contoh, sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi bromelain sebelum operasi gigi secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit dan merasa lebih sehat daripada orang yang tidak. 

Olahraga berat juga dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan di sekitarnya. 

Protease seperti bromelain diyakini mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak. 

Sebuah studi menguji teori ini dengan memberikan peserta suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain setelah 45 menit latihan berat di treadmill.

Mereka yang mengonsumsi suplemen memiliki lebih sedikit peradangan dan mempertahankan lebih banyak kekuatan sesudahnya. 

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa bromelain dapat mempercepat pemulihan dari kerusakan yang disebabkan oleh olahraga.(Irawan Sapto Adhi)

Baca Juga: Ini resep 5 Infused water yang efektif menurunkan darah tinggi

Selanjutnya: Infused water jeruk nipis efektif meredakan asam urat, begini cara membuatnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Manfaat Nanas untuk Kesehatan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×