kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sederet makanan untuk tekanan darah rendah ini bisa Anda konsumsi


Jumat, 09 April 2021 / 12:58 WIB
Sederet makanan untuk tekanan darah rendah ini bisa Anda konsumsi
ILUSTRASI. Cokelat termasuk salah satu makanan untuk darah rendah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tekanan darah rendah yang terjadi dalam kurun waktu singkat memang tidak berbahaya. Namun, hal itu bisa jadi salah satu tanda bahaya jika terjadi dalam jangka waktu lama. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah.

Normalnya, tekanan darah manusia berada di angka 120/80 mm Hg. Medical News Today menyebutkan, tidak ada angka pasti yang menunjukkan tekanan darah seseorang rendah.

Namun, jika tekanan darah Anda berada di bawah 90/60 mm Hg, Anda patut waspada. Segera konsumsi beberapa jenis makanan tertentu supaya tekanan darah itu lebih stabil. Dengan begitu, kondisi kesehatan tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

Kafein

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein bisa meningkatkan tekanan darah, lo. Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein adalah kopi, teh, cokelat, dan minuman bersoda.

Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Baca Juga: Cara mudah menurunkan kolesterol jahat secara alami

Garam

Jika Anda mencari makanan untuk darah rendah, cobalah untuk mengonsumsi garam. Garam berpengaruh terhadap keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan meningkatkan asupan garam, tekanan darah Anda juga ikut meningkat.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba supaya konsumsi garam Anda bisa bertambah. Pertama, minum segelas air yang telah diberi sedikit garam secara rutin.

Kedua, beri sedikit garam pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ketiga, konsumsi makanan asin, seperti ikan teri atau kacang.

Makanan yang kaya vitamin B12

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 supaya tekanan darah meningkat.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung jenis vitamin itu. Misalnya, sereal, telur, keju, susu, daging, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini makanan yang bisa meredakan asam lambung

Makanan yang mengandung folat

Selain vitamin B12, makanan yang mengandung folat juga termasuk salah satu makanan untuk darah rendah. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber folat. Mulai dari brokoli, buah bit, gandum, dan buah atau sayur yang lain.

Air putih

Selain mengonsumsi makanan untuk darah rendah, menghindari dehidrasi juga penting untuk mengatasi hipotensi.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan-makanan di atas, penting pula bagi Anda untuk minum air putih. Tekanan darah Anda bisa semakin turun saat tubuh Anda dehidrasi. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari dehidrasi, ya.

Selanjutnya: 4 Cara menurunkan gula darah secara alami, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×