kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sederet makanan dan minuman yang bisa merusak kesehatan jantung


Sabtu, 08 Mei 2021 / 04:25 WIB
Sederet makanan dan minuman yang bisa merusak kesehatan jantung


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung, organ tubuh yang wajib Anda jaga kesehatan agar bisa berfungsi secara maksimal. Ini 8 makanan dan minuman yang bisa memperburuk kesehatan jantung. 

Kasus penyakit jantung tak hanya terjadi pada orang tua, tetapi juga pada anak muda. 

Baca Juga: 6 Sayuran yang bisa memicu naiknya kadar asam urat

Menurut Harvard Health Publishing, memperbaiki pola makan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Termasuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, tekanan darah, kadar gula darah, dan insulin. 

Manfaat lain dari pola makan yang baik dapat mencegah obesitas, meningkatkan fungsi jantung, dan pembuluh darah. Berikut adalah jenis makanan yang buruk untuk jantung:

1. Kentang goreng 

Melansir Thrillist, tidak ada gorengan yang sebenarnya menyehatkan jantung. Hal itu karena gorengan mengandung lemak jenuh dan trans sangat tinggi. 

Dua zat tersebut seharusnya hanya menjadi bagian kecil dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu gorengan yang tidak sehat adalah kentang goreng. 

Ketika membuat kentang goreng, biasanya kentang yang sudah digoreng diberi garam, sehingga kentang goreng pun juga mengandung karbohidrat dan natrium. 

Memang benar, tubuh memerlukan lemak dan natrium. Masalahnya jumlah natrium dan lemak pada kentang goreng sangat tinggi dan jumlah tersebut tidak sehat. 

Sebagai gantinya, asupan lemak dan natrium bisa diperoleh dari camilan nabati lain yang lebih sehat. 

2. Sosis 

Menurut para ahli, daging olahan masuk ke dalam kategori makanan buruk bagi jantung. Makanan kategori daging olahan tersebut adalah bacon, ham, dan sosis. 

Namun diantara jenis yang disebutkan itu, sosis adalah jenis yang paling berisiko meningkatkan gagal jantung karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih tinggi. 

Jika Anda harus memilih, sebaiknya hindari mengkonsumsi sosis dan ganti dengan daging asap jika terpaksa. 

3. Daging merah

Daging merah mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh, serta zat lain bernama L-karnitin. Zat-zat tersebut berdampak negatif bagi kesehatan jatung jika dikonsumsi berlebihan. 

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah tanpa lemak hingga kurang dari 10% dari diet rata-rata untuk kesehatan jantung.  

4. Keripik kentang dan keripik jagung 

Keripik kentang dan keripik jagung kemasan mengandung karbohidrat, lemak trans yang tinggi, serta natrium.  

Para dokter memasukkan makanan ini dalam kategori makanan tidak sehat untuk jantung sehingga harus dihindari konsumsinya yang berlebihan. 

5. Soda 

Soda memiliki resiko yang sangat tinggi bagi kesehatan jantung jika dibandingkan dengan makanan serupa lainnya. 

Di dalam soda, ada sekitar 50 sampai 60 gram gula dan gula tersebut adalah gula olahan. Ganti konsumsi soda dengan teh, jus, atau minuman dengan rasa manis dari madu.  

6. Minyak kelapa dan minyak sawit

Saat membeli makanan ringan kemasan, satu hal yang harus diperhatikan adalah kandungan minyak yang ada di daftar komposisi. 

Minyak kelapa dan sawit adalah musuh bagi kesehatan jantung. Alih-alih pilih makanan yang menggunakan minyak zaitun, kanola, dan bunga matahari. 

7. Piza 

Siapa yang tidak suka dengan Piza? Makanan roti dengan toping dan saus yang berasal dari italia ini sangat enak dirasakan di lidah. 

Namun, dibalik kelezatannya, piza adalah salah satu makanan yang tidak sehat untuk jantung. 

Pada seporsi piza terkandung karbohidrat dari rotinya, natrium dari sausnya dan lemak dari kejunya. Kandungan zat tersebut yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan jantung. 

Jika Anda ingin tetap menikmati piza, mungkin kamu bisa beli atau buat sendiri piza dengan mengganti rotinya dengan roti gandum utuh, minyak zaitun, irisan tomat, dan keju kambing. 

8. Sup kalengan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa natrium adalah zat yang buruk bagi jantung. Kebanyakan natrium yang tinggi ada pada makanan kemasan. 
Ternyata, selain keripik kemasan, sup kalengan pun mengandung natrium yang tinggi. Pada satu kaleng sup kalengan bisa mengandung 600-800 miligram sodium. 

Ini bisa jadi "bom" natrium yang cukup kuat buat jantung. 

9. Makanan sarat mentega, mayo, atau krim asam 

Kabar buruk bagi kamu yang suka dengan olesan makanan dari mentega, mayonaise, dan krim asam. Olesan tersebut adalah olesan yang kaya akan lemak jenuhnya. 

Ketiganya juga memiliki kandungan kolesterol yang harus dipertimbangkan untuk dikonsumsi. Namun, jangan membuat kesalahan lain dengan mengonsumsi margarin sebagai penggantinya. 

Meski margarin tidak memiliki kolesterol, tetapi mungkin margarin yang dikonsumsi mengandung lemak jenuh atau lemak trans yang juga buruk untuk jantung. 

Pada dasarnya pastikan untuk mengkonsumsi bahan-bahan ini dengan bijak, tidak berlebihan.(Nine Fridayani) 

Baca Juga: Ingin ginjal tetap sehat? Hindari konsumsi makanan dan minuman ini

Selanjutnya: 7 Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan empedu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Jantung",
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×