kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sedang diet? Begini cara minum air putih yang efektif membantu menurunkan berat badan


Rabu, 12 Mei 2021 / 10:33 WIB
Sedang diet? Begini cara minum air putih yang efektif membantu menurunkan berat badan
ILUSTRASI. Seseorang sedang minum air putih


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air putih bisa menurunkan berat badan, Anda tidak percaya? Begini cara minum air putih yang efektif membantu menurunkan berat badan. 

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, dari yang mudah diterapkan hingga yang terasa ‘menyiksa’. 

Baca Juga: Catat! Ini 8 camilan yang bisa menaikkan berat badan

Salah satu cara mudah yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi minuman yang tepat, yaitu air putih. 

Tapi, seringkali minum air putih dianggap bukan hal penting dalam penurunan berat badan. 

Faktanya, 20% dari asupan kalori harian Anda seluruhnya berasal dari minuman. Untuk rata-rata orang, itu setara dengan sekitar 400 kalori sehari. 

Jadi membuat pilihan yang tepat tentang apa yang harus diminum adalah yang terpenting dalam hal menurunkan berat badan, dan itulah mengapa ahli diet mengatakan, bahwa air putih adalah hal terbaik untuk diminum untuk mengontrol berat badan Anda. 

Amy Davis, RD, LDN, dari The Balanced Dietitian mengatakan, bahwa kebanyakan orang tidak minum cukup air putih, sehingga sering menyalah artikan rasa lapar padahal haus. 

“Memiliki target minum air putih harian dapat membantu mengontrol berat badan, dengan mencegah kita meminum minuman lain yang tinggi kalori dan gula, seperti soda, kopi manis, dan minuman berenergi," kata Davis. 

Cara minum air putih untuk membantu menurunkan berat badan 

Penelitian telah menunjukkan, bahwa minum air putih meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kecepatan pembakaran kalori tubuh. 

Hanya dalam waktu satu jam, minum air putih dapat meningkatkan metabolisme Anda sebanyak 24%. 

Minum air putih juga dapat membantu Anda merasa kenyang, sehingga mencegah Anda mengonsumsi kalori yang tidak perlu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan, bahwa minum 2 cangkir air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan, dengan cara membantu Anda makan lebih sedikit kalori. 

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum air putih sebelum makan, akhirnya kehilangan 2 kilogram lebih banyak selama 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang makan tanpa diminta untuk minum air putih sebelumnya. 

Seperti yang dikatakan Davis, cara terbaik minum air untuk membantu Anda menurunkan berat badan adalah dengan mengganti minuman lain yang berkalori lebih tinggi, seperti kopi, milk tea, atau minuman beralkohol dengan air putih. 

Lisa DeFazio, MS, RD, ahli diet terdaftar mengatakan, selama pandemi Covid-19 dan pembatasan aktivitas membuat banyak orang lebih banyak minum minuman tinggi kalori dan tinggi gula. Ini akan menambah berat badan, terutama di area perut. 

"Ini membuka nafsu makan Anda, meningkatkan keinginan makan gula, dan Anda akan makan lebih banyak. Keesokan harinya Anda akan merasa lebih lelah dan cenderung tidak berolahraga," pungkasnya.(Bestari Kumala Dewi) 

Baca Juga: Sedang diet? Berikut nilai penurunan berat badan yang ideal dalam sebulan

Selanjutnya: 4 Minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×