kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sedang diare? Ini makanan dan minuman yang wajib Anda hindari


Senin, 02 November 2020 / 13:30 WIB
Sedang diare? Ini makanan dan minuman yang wajib Anda hindari


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Anda sedang menderita diare? Anda sebaiknya menghindari makanan di bawah ini agar diare tidak semakin parah. 

Diare, salah satu masalah kesehatan yang umum diderita masyarakat tanah air. Diare tidak bersifat menular, tapi penderita diare harus segera diberikan perawatan.  

Penyebab diare cukup beragam bisa karena infeksi bakteri, alergi, atau tidak cocok makanan dan minuman tertentu. 

Baca Juga: Berikut jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Seseorang yang menderita diare disarankan untuk banyak minum air. Hal ini penting untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi. 

Penderita diare disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan agar diare cepat sembuh. 

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diare: 

1. Makanan berlemak dan gorengan

Dilansir dari Everyday Health, makanan tinggi lemak dan gorengan dapat memperparah diare. Untuk itu, hindari makanan berlemak dan gorengan saat diare. 

Selama diare dan kondisi perut belum nyaman, pilih makanan yang lunak dan mudah dicerna. Menurut Cleveland Clinic, beberapa asupan yang baik dikonsumsi saat diare di antaranya sup ayam, bubur atau nasi, dan pisang. 

2. Susu, mentega, es krim, keju

Makanan yang harus dihindari saat diare lainnya adalah susu dan produk susu. 

Kendati tidak memiliki riwayat alergi laktosa, namun saat diare seseorang jadi sulit mencerna laktosa dalam susu dan produk turunannya. 

Saat diare, hindari susu dan produk olahannya seperti mentega, es krim, dan keju. Pengecualian produk susu yang boleh diminum saat diare adalah yoghurt. 

Yoghurt diperkaya probiotik. Zat tersebut dapat menjaga keseimbangan bakteri di usus, sehingga bisa membantu mengatasi diare. 

3. Alkohol, soda, asupan berkafein

Saat diare, Anda sebaiknya menghindari segala jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Di antaranya alkohol, soda, teh, kopi, cokelat, dll. 

Minuman serta makanan tersebut bersifat diuretik atau bisa membuat seseorang sering kencing.

4. Minuman dan makanan dengan pemanis buatan

Jenis minuman dan makanan yang harus dihindari saat diare lainnya adalah asupan dengan pemanis buatan. Pemanis buatan memiliki banyak nama, salah satunya sorbitol. 

Pemanis ini juga jamak digunakan sebagai pengawet makanan. Mengonsumsi banyak gula dan gula buatan saat diare dapat memperburuk masalah kesehatan ini. 
Pasalnya, gula dan pemanis buatan bisa membuat usus memproduksi lebih banyak air dan elektrolit. Kondisi ini bisa melonggarkan pergerakan usus dan memicu diare.

5. Makanan yang bikin kembung

Serat dari sayur dan buah memang baik dikonsumsi setiap hari. Namun, saat diare sebaiknya hindari makanan kaya serat yang bisa meningkatkan produksi gas dan bikin perut makin tak nyaman. 

Asupan kaya serat yang bisa meningkatkan produksi gas di antaranya kubis, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol. Baca juga: Cara Meredakan Sakit Perut Karena Haid 

6. Makanan yang rentan terkontaminasi kuman

Makanan yang harus dihindari saat diare lainnya adalah asupan yang mungkin telah rusak karena salah penyimpanan atau penanganan. 

Makanan tersebut rentan terkontaminasi kuman. Misalkan makanan yang disimpan sembarangan dan tidak higienis. 

Hindari juga makanan yang sudah terlalu lama berada di suhu ruangan dan aneka makanan mentah. Jika Anda ragu-ragu makanan tersebut tidak aman dimakan saat diare, sebaiknya jangan mengonsumsinya. 

Selain menghindari beberapa jenis makanan pantangan diare di atas, usahakan untuk minum banyak cairan. Apabila diare cukup parah dan muncul tanda-tanda dehidrasi, segera cari pertolongan medis.(Mahardini Nur Afifah) 

Baca Juga: Perhatian! Ini makanan yang harus dihindari oleh penderita tipes

Selanjutnya: Kurang minum air bisa memicu gagal ginjal, benarkah?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare, Bukan Hanya Makanan Pedas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×