kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,28   -13,21   -1.43%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sayur & Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung


Senin, 08 Mei 2023 / 16:30 WIB
Sayur & Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak sayur dan buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Cek juga buah yang aman dimakan penderita asam lambung.

Buah dan sayur memang memiliki gizi dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Namun, ada sayur dan buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Buah dan sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung cukup beragam. Buah dan sayur tersebut bisa menyebabkan asam lambung naik jika dikonsumsi.

Asam lambung adalah kondisi di mana Anda merasakan mulas akibat kandungan asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Mulas adalah gejala umum dari asam lambung dan GERD. Anda mungkin merasakan sensasi terbakar di perut atau dada setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Banyak orang yang menderita asam lambung menemukan bahwa makanan tertentu memicu gejalanya. Meski demikian, faktor pemicu kondisi tersebut berbeda-beda bagi setiap orang. Sebagian bisa mengalami asam lambung karena mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, sebagian lain justru karena mengonsumsi buah dan sayuran tertentu.

Baca Juga: Penderita GERD Harus Menjauhi 8 Makanan Ini, Bisa Bikin Asam Lambung Menggila

Buah tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Dikutip dari Healthline, buah dan sayuran penting dalam menunjang pola makan sehat. Tetapi beberapa buah tidak boleh dimakan penderita asam lambung karena dapat menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung.

Terutama buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan asam yang tinggi, seperti: jeruk atau jeruk limau, lemon, jeruk nipis, nanas atau makanan olahannya.

Berikut penjelasan buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung:

1. Buah jeruk

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung pertama adalah buah jeruk. Dilansir The Surgical Clinics, jeruk, lemon, dan limau termasuk buah yang dapat memperburuk gejala asam lambung dan GERD Anda.

Diketahui buah jeruk mengandung kandungan asam sitrat dalam jumlah tinggi. Senyawa ini berisiko menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam lambung. Akibatnya, perut menjadi lebih kenyang dan meningkatkan kemungkinan asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Memang mengonsumsi buah jeruk untuk sesekali tidak lantas menyebabkan asam lambung, namun jika Anda menikmati segelas jus jeruk setiap hari, makan akan berisiko.

2. Buah tomat

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung kedua adalah buah tomat. Buah tomat menjadi salah satu bahan makanan yang cukup populer dan digunakan di banyak olahan makanan. Mereka juga bergizi dan mengandung antioksidan, vitamin C, serta potasium.

Namun, bagi penderita asam lambung, buah ini merupakan salah satu faktor pemicu. Sama seperti jeruk, asam pada tomat akan meningkatkan kadar asam lambung Anda. Kandungan asam sitrat dan malat pada tomat dapat memicu asam lambung meski hanya digunakan sebagai bahan dasar makanan. Artinya, meski Anda tidak langsung makan tomat, menjadikannya bahan makanan, saus, atau bumbu berisiko menyebabkan asam lambung.

3. Buah nanas

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung ketiga adalah buah nanas. Dilansir Healthline, meski memiliki banyak manfaat kesehatan, buah tropis ini sangat asam. Mereka memiliki skor keasaman antara 3 dan 4 pada skala pH.

Skor 7 adalah netral dan skor yang lebih tinggi dari itu bersifat basa. Ini membuat beberapa dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi nanas jika Anda mengalami asam lambung.

Namun, pengaruh nanas terhadap kondisi asam lambung tergantung pada orangnya. Sebagian orang yang memiliki riwayat asam lambung masih dapat makan nanas dalam porsi wajar.

4. Buah apel hijau

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung keempat adalah buah apel hijau. Masih dari laman yang sama, mengonsumsi apel hijau diketahui dapat memperburuk kondisi asam lambung karena mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga, ada baiknya Anda yang memiliki riwayat asam lambung untuk menghindari mengonsumsi buah tersebut.

Meski demikian, buah apel merah umumnya tidak menyebabkan peningkatan gejala dan aman bagi penderita asam lambung. Apel segar direkomendasikan daripada bentuk olahannya, seperti jus, saus apel, atau produk apel lainnya. Sebab, apel segar memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, lebih banyak antioksidan, dan berdampak lebih kecil pada kadar gula darah Anda

Buah yang boleh dimakan penderita asam lambung

Lantas, adakah buah yang aman dimakan oleh penderita asam lambung?

Tentu saja, sebagaimana dilansir NDTV Food, beberapa buah dengan kandungan asam rendah sangat aman dimakan penderita asam lambung. Beberapa buah yang boleh dimakan penderita asam lambung di antaranya seperti pisang, pepaya, semangka, apel, hingga buah persik.

Sayuran yang boleh dimakan penderit asam lambung

Dilansir the Ear, Nose & Throat Institute, berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung

1. Buncis

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung pertama adalah buncis. Sayuran hijau ini merupakan sumber magnesium yang baik, dan mengandung mineral yang bertanggung jawab untuk kontraksi saraf, serta memiliki efek menenangkan.

2. Brokoli

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung kedua adalah brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran yang aman bagi penderita asam lambung. Sebab memiliki skala pH yang tinggi, artinya bersifat basa dan tidak asam. Sayuran ini juga sarat dengan probiotik, yang terdiri dari bakteri baik yang disukai usus Anda. Kandungan ini bekerja untuk membiarkan yang baik dan menjauhkan bakteri buruk yang secara diam-diam dapat mendorong asam lambung untuk mengganggu LES Anda.

3. Asparagus

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung ketiga adalah asparagus. Asparagus, bayam, kangkung, dan kecambah brussel semuanya bersifat sangat basa, artinya baik untuk perut dan sistem pencernaan Anda. Secara alami sayuran tersebut rendah lemak dan gula, juga membantu mengurangi asam lambung.

4. Mentimun

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung keempat adalah mentimun. Mentimun mengandung apa yang disebut protease, yakni enzim dengan fungsi pemecahan protein. Dengan demikian, mentimun membantu tubuh untuk lebih mudah mencerna nutrisi kaya protein. Enzim juga membantu membersihkan usus dengan membunuh bakteri. Selain itu, mentimun termasuk dalam makanan basa dan dengan demikian menetralkan asam dalam tubuh dengan meningkatkan nilai pH.

5. Kembang kol

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung kelima adalah kembang kol. Kembang kol memberikan antioksidan dan fitonutrien yang dapat melindungi Anda dari kanker. Sayuran ini juga mengandung serat untuk meningkatkan pencernaan dan penurunan berat badan. Selain itu, kembang kol juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti kolin yang penting untuk pembelajaran dan daya ingat.

Itulah daftar sayur dan buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Sayuran yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Apa Saja?", dan "Punya Penyakit Asam Lambung? Hindari Mengonsumsi 4 Buah Ini", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×