Sakit Pinggang? Coba 5 Bahan Alami Ini, Efektif Meredakan Rasa Nyeri

Sabtu, 19 Maret 2022 | 13:25 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Sakit Pinggang? Coba 5 Bahan Alami Ini, Efektif Meredakan Rasa Nyeri


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Sakit pinggang kerap membuat kita sulit beraktivitas karena rasa nyeri yang sangat tidak nyaman. Untuk meredakan sakit pinggang Anda bisa mencoba mengkonsumsi bahan alami  seperti bawang merah, kunyit dan bahan lain yang kerap dijadikan obat. 

Obat sakit pinggang yang berbahan dasar alami relatif ampuh dan mudah untuk ditemukan karena banyak dijual di pasaran. 

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya seperti terkilir, melakukan aktivitas terlalu berat, hingga bertambahnya usia juga bisa mempengaruhi. 

Baca Juga: 8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Melansir dari dari Spine Health, ada beberapa rekomendasi obat sakit pinggang berbahan alami yang bisa Anda pilih sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

1. Bawang Merah 

Obat sakit pinggang yang pertama adalah bawang merah. Kenapa bawang merah? Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan flavonoid dan beberapa senyawa lain dalam bawang merah mampu meredakan rasa sakit pinggang.

2. Kunyit

Ekstrak kunyit juga bisa Anda jadikan sebagai obat sakit pinggang. Kunyit mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang mampu mengatasi sakit pinggang yang Anda derita. Selain itu, kunyit juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

3. Susu 

Susu merupakan salah satu minuman yang cukup populer baik untuk kesehatan tulang karena mengandung banyak kalsium. Selain itu, ternyata minum susu juga bisa membantu meredakan sakit pinggang loh. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

4. Jahe 

Anda bisa membeli jahe untuk mengatasi sakit pinggang yang diderita. Selain kunyit, jahe mengandung antiinflamasi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri atau peradangan. Oleh karena itu ekstrak jahe bisa meredakan sakit pinggang. 

5. Teh Hijau 

Rekomendasi obat sakit pinggang berbahan alami yang terakhir adalah teh hijau. Salah satu jenis teh ini memang mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Namun, kandungan antiinflamasi dalam teh hijau juga dapat meredakan peradangan dan rasa sakit pinggang. 

Itulah beberapa obat sakit pinggang yang berasal dari bahan alami yang mudah didapatkan. Meski demikian, untuk menghindari efek samping disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau tenaga medis lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru