Sakit hingga berkeringat, ini 5 gejala penyakit jantung

Jumat, 16 Juli 2021 | 11:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sakit hingga berkeringat, ini 5 gejala penyakit jantung

ILUSTRASI. Nyeri dada dan gejala penyakit jantung yang lain perlu Anda perhatikan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis penyakit yang perlu Anda waspadai, salah satunya penyakit jantung. Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat, sebaiknya Anda mengetahui kondisi apa saja yang tergolong dalam gejala penyakit jantung.

Biasanya, nyeri dada adalah tanda utama saat ada masalah pada organ pemompa darah dalam tubuh Anda. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kondisi itu. Akan lebih baik jika Anda segera menghubungi dokter jika mengalami nyeri dada.

Apalagi jika nyeri dada terjadi secara tiba-tiba dan tak kunjung hilang. Selain terasa nyeri di bagian dada, tentu saja masih ada gejala lain yang bisa jadi tanda adanya penyakit jantung. Selalu konsultasikan kondisi Anda ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Berkeringat

British Heart Foundation (bhf.org.uk) mengatakan bahwa penyakit jantung dapat ditandai dengan produksi keringat yang lebih banyak daripada biasanya. Bahkan, keringat berlebih dapat Anda alami meski Anda tak melakukan banyak aktivitas.

Baca Juga: Jangan anggap enteng, kenali 11 gejala Covid-19 yang sering muncul

Muncul Rasa Sakit

Selain di bagian dada, rasa sakit akibat penyakit jantung bisa terasa di bagian tubuh yang lain. misalnya, rasa sakit muncul di bagian lengan, kaki terasa kram, dan punggung atau rahang yang terasa tidak nyaman. Biasanya, gejala penyakit jantung itu semakin terasa pada penderita diabetes dan perokok.

Sakit Perut

Sakit perut jadi kondisi berikutnya yang tidak boleh Anda abaikan. Biasanya, sakit perut dibarengi dengan munculnya heartburn atau sensasi terbakar di sekitar perut, dada, hingga saluran pencernaan atas. Jika kondisi itu tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Kaki Bengkak

Kaki bengkak termasuk salah satu gejala penyakit jantung.

Mengutip dari British Heart Foundation, penyakit jantung juga dapat ditandai dengan kondisi kaki yang membengkak. Selain disebabkan oleh gagal jantung atau masalah jantung yang lain, kaki bengkak juga bisa disebabkan oleh faktor yang lain. Misalnya, obat hipertensi. Jadi, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Ini 9 tanda dehidrasi yang tidak boleh Anda abaikan

Detak Jantung Tak beraturan

Gejala penyakit jantung lainnya adalah detak jantung yang tak beraturan. Meski demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir karena kondisi itu juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Namun, jika detak jantung tak beraturan berlangsung dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat diagnosa yang tepat.

Selanjutnya: Terdiagnosis Diabetes Melitus, Ini Langkah Yang Harus Anda Ambil

Editor: Belladina Biananda
Terbaru