Kesehatan Umum

Sakit dada sebelah kanan bisa disebabkan 6 hal ini, lo

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 07:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sakit dada sebelah kanan bisa disebabkan 6 hal ini, lo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit dada sebelah kanan disebabkan oleh banyak hal. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, diharap pengobatan dan perawatan yang Anda dapat bisa lebih tepat. Dengan begitu, kondisi Anda tak menjadi parah.

Stres

Stres parah bisa menyebabkan serangan kecemasan. Selain dada yang terasa nyeri, hal ini juga menyebabkan munculnya gejala lain, seperti pusing dan kesulitan bernapas.

Medical News Today mengatakan, serangan kecemasan bisa dipicu oleh suatu hal yang membuat stres dan terjadi secara acak. Karena gejalanya mirip dengan serangan jantung, lebih baik Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Kecelakaan

Sakit dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh kecelakaan. Hal itu bisa mengganggu saraf, pembuluh darah, dan otot yang ada di sekitar dada sehingga beresiko mencederai jantung, paru-paru, dan organ lainnya.

Karena terjadi di dalam tubuh, sering kali luka tak mudah terlihat. Jika Anda mengalami kecelakaan, segera periksakan diri ke dokter agar Anda bisa mendapat pertolongan dengan cepat dan tepat bila ada masalah.

Baca Juga: Catat 4 ciri-ciri penyakit jantung pada tahap awal

Patah Tulang

Sakit dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh patah tulang.

Dada bisa terasa nyeri karena tulang rusuk yang patah. Jika tak segera ditangani, rasa sakitnya bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tulang rusuk patah karena banyak hal. Mulai dari benturan hingga batuk parah. Selain menyebabkan nyeri, hal tersebut mampu membuat dada bengkak.

Pneumonia

Medical News Today mengatakan, pneumonia merupakan penyakit lain yang menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Pneumonia adalah infeksi virus, jamur, atau bakteri di paru-paru. Beberapa gejala lain yang biasanya muncul adalah demam, batuk, dan kehilangan nafsu makan.

Tumor

Nyeri dada juga bisa disebabkan oleh tumbuhnya tumor. Seiring berjalannya waktu, tumor akan menekan saraf dan pembuluh darah di sekitarnya sehingga Anda akan merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 3 Penyebab utama paru-paru basah dan cara mengatasinya

Bila tumor bersifat kanker, tak hanya nyeri yang Anda rasakan. Kanker mampu membuat Anda kesulitan untuk bernapas dan mengganggu kinerja paru-paru sehingga tak bisa berfungsi secara maksimal.

Asam Lambung

Saat asam lambung kembali ke kerongkongan, hal itu bisa menyebabkan rasa tak nyaman di dada. Penyebab ini perlu segera diatasi karena selain menimbulkan sensasi terbakar, kerongkongan dan mulut bisa mengalami iritasi.

Selanjutnya: Sakit dada sebelah kiri sering Anda alami? Ini penyebabnya

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru