Tips Sehat

Sakit asam urat? Coba redakan dengan bahan-bahan alami ini

Minggu, 25 Oktober 2020 | 08:52 WIB Sumber: Grid
Sakit asam urat? Coba redakan dengan bahan-bahan alami ini

ILUSTRASI. Seseorang menderita asam urat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Sebabnya asam urat tidak hanya menyerang kaum lansia, namun juga bisa terjadi pada orang muda.

Penyakit ini bisa menimbulkan rasa sakit yang mengganggu hingga bengkak di bagian sendi. Itulah mengapa pengidap asam urat akan merasa tidak nyaman, bahkan sulit beraktivitas saat penyakitnya kambuh.

Endapan asam urat di tubuh cenderung menumpuk di persendian dan kadang-kadang menyebabkan rasa nyeri persendian yang eksplosif dan dramatis. Biasanya dirasakan di kaki atau pergelangan kaki, dengan ciri-ciri kulit terasa lebih lembut, pembengkakan dan kemerahan.

Baca Juga: 4 Pantangan asam urat ini perlu Anda hindari

Kebanyakan penderita asam urat adalah pria. Penyebab yang paling umum adalah kelebihan berat badan dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Sebenarnya, peningkatan kadar asam urat dalam aliran darah disebabkan oleh berbagai faktor. Tidak sedikit di antaranya merupakan kecenderungan genetik, yang mengarah ke cacat ginjal yang mengganggu pengeluaran asam urat dalam urine.

Pasien gout juga cenderung memiliki masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Pasien asam urat lebih mungkin menderita diabetes, memiliki gangguan fungsi ginjal dan menderita penyakit jantung.

Pengobatan penyakit asam urat secara medis adalah dengan memberikan obat-obatan untuk meringankan gejalanya dan mencegah penyakit tersebut kambuh kembali. 

Baca Juga: Asam urat naik lagi? Jus nanas efektif mengobati asam urat Anda

Namun beberapa bahan alami bisa menjadi obat asam urat. Dikutip dari Healthline, berikut di antaranya:
1. Jahe 
Jahe menjadi salah satu herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mudah ditemukan di rumah, jahe juga bisa jadi obat asam urat. Kita bisa mengonsumsinya dengan merebus jahe selama 10 menit dan minum tiga cangkir dalam sehari saat mengalami serangan gout.

2. Air hangat dengan cuka apel, jus lemon, dan kunyit
Campuran herbal antara cuka apel, jus lemon, dan kunyit sangat direkomendasikan sebagai obat asam urat. Selain itu, minuman ini juga memiliki rasa yang menyegarkan. 

Campurkan air perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Lalu campurkan dengan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel, aduk dan sesuaikan rasanya, minum dua-tiga kali sehari.

Editor: Tendi Mahadi
Tag


Terbaru