Sering Buang Air Kecil? Waspada 6 Gejala Penyakit Ginjal Berikut

Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Sering Buang Air Kecil? Waspada 6 Gejala Penyakit Ginjal Berikut

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang berbahaya untuk kesehatan karena berikatan dengan organ vital. Terdapat beberapa gejala penyakit ginjal yang perlu Anda waspadai.

Pasalny, fungsi ginjal sangat penting yaitu sebagai utama limbah tubuh seperti makanan, zat kimia dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui gejala-gejala penyakit ginjal agar masalah bisa cepat ditangani. 

Ada beberapa gejala penyakit ginjal yang kerap terabaikan oleh penderitanya. Hal tersebut dikarenakan gejala yang ditimbulkan mirip dengan gejala penyakit lain pada umumnya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Lakukan 6 Kebiasaan Sehat Ini

Melansir dari Aria Med Tour, berikut beberapa gejala penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui: 

Sering Buang Air Kecil 

Intensitas buang air kecil yang bertam drastis juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Selain seringnya buang air kecil, air kencing juga biasanya dibarengi dengan buih dan darah. 

Jika mengalami gejala tersebut segeralah periksa kondisi kesehatan ginjal Anda ke dokter atau tenaga medis terdekat. 

Mata Bengkak 

Mata bengkak bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal loh. Pasalnya, di area mata juga terjadi penumpukan caira akibat fungsi ginjal yang tidak berjalan semestinya.

Meski demikian, mata bengkak juga dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain.

Baca Juga: Senegal VS Belanda Jadi Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar, Catat Jadwal Lengkapnya

Kaki Bengkak 

Selain mata bengkak, kaki juga bisa membengkak jika Anda mengalami penyakit ginjal. Hal tersebut dikarenakan ginjal gagal membuang natrium di dalam tubuh sehingga menyebabkan kaki yang membengkak. 

Kulit Gatal 

Gejala penyakit ginjal lainnya bisa juga menimbulkan rada gatal di area kulit. Fungsi ginjal yang tidak normal membuat adanya ketidakseimbangan cairan dalam tubuh yang menimbulkan rasa gatal di kulit. 

Nyeri Dada

Gejala penyakit ginjal yang selanjutnya adalah nyeri dada atau dada terasa sesak. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan cairan di paru-paru akibat berkurangnya fungsi ginjal sehingga menimbulkan nyeri dan sesak di bagian dada. 

Baca Juga: PSIS Semarang VS RANS Nusantara, Simak Jadwal Liga 1 2022/2023 Pekan 1

Nafsu Makan Berkurang

Gejala penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui juga adalah bisa membuat nafsu makan berkurang. Memang terlihat sepele, namun Anda perlu mewaspadai hal tersebut. 

Pasalnya, hal itu disebabkan adanya penumpukan racun di dalam tubuh yang tidak terbuang oleh ginjal. 

Demikian beberapa gejala penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui. Segeralah pergi ke dokter jika mengalami gejala berkepanjangan supaya bisa segera ditangani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru