kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rendah Kalori, Ini 11 Khasiat Minum Air Kelapa Hijau Selain Meredakan Dahaga


Minggu, 09 Juni 2024 / 18:30 WIB
Rendah Kalori, Ini 11 Khasiat Minum Air Kelapa Hijau Selain Meredakan Dahaga
ILUSTRASI. Rendah Kalori, Ini 11 Khasiat Minum Air Kelapa Hijau Selain Meredakan Dahaga.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Tidak hanya sebatas menghilangkan dahaga saja, Air Kelapa Hijau juga baik untuk menunjang kesehatan bahkan mengurangi gejala penyakit tertentu.

Air kelapa, khususnya air kelapa hijau, sudah lama dimanfaatkan untuk bahan masakan hingga minuman. Selain nikmat, air kelapa hijau ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Dikutip dari Alodokter, sebanyak 300 ml air kelapa hijau mengandung 50 kalori dan berbagai nutrisi yakni berbagai jenis mineral seperti natrium, kalium, kalsium, fosfor, karbohidrat, dan vitamin C. 

Merangkum situs Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU), berikut ini beberapa manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan. 

Baca Juga: Apa Saja Minuman yang Aman untuk Asam Lambung? Cek Daftarnya

Menurunkan tensi tinggi 

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah menurunkan tekanan darah tinggi yang berkaitan pada sistem saraf parasimpatis. 

Kandungan Kalium pada kelapa hijau, bisa mengatasi masalah yang disebabkan oleh sodium berlebih yaitu peningkatan tekanan darah

Selain itu kandungan magnesium dan kalium pada air kelapa dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah penderita darah tinggi secara alami.

Menurunkan gula darah 

Kandungan mineral seperti magnesium, kalium, hingga mangan serta vitamin C pada air kelapa hijau dapat membantu meningkatkan sensivitas insulin pada tubuh. 

Hal tersebut tentunya baik untuk penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan gula darah yang tinggi. 

Menurunkan berat badan 

Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Penggunaan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. 

Disarankan untuk mengonsumsi air kelapa hijau dari pada membeli obat mendapatkan berat badan ideal

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat air kelapa hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung dari serangan jantung.

Air kelapa hijau bisa mengurangi kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah untuk menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan pencernaan 

Kandungan air kelapa hijau yang dapat mengurai racun dalam tubuh juga dimanfaatkan untuk mengurai sampah atau kotoran yang terdapat dalam tubuh, dan dikeluarkan melalui buang air besar.

Oleh sebab itu air kelapa baik untuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan. 

Baca Juga: Sehat1 Camilan Ini Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Jahat

Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C pada air kelapa hijau bisa meningkatkan produksi sel darah putih dan membuat tubuh melawan infeksi. 

Selain itu kandungan antioksidan dalam air kelapa bisa mengatasi kerusakan sel disebabkan oleh radikal bebas.

Meningkatkan vitalitas pada pria 

Banyak pria mengonsumsi rokok secara berlebihan. Kandungan nikotin pada rokok bisa menyebabkan vitalitas pada pria menurun. 

Dengan mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin juga dapat mengurangi kandungan nikotin dalam mengganggu tingkat kesuburan pada pria.

Mengatasi alergi dan memelihara kesehatan kulit

Air kelapa hijau mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dari radikal bebas. Serta air kelapa hijau bisa menjaga kelembapan kulit agar terlihat cerah.

Air kelapa hijau yang mempunyai sifat mengurai virus, bakteri, dan jamur dapat membantu menyembuhkan alergi pada kulit Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan, Kaya Akan Serat

Mengatasi alergi kulit dan rambut rontok

Selain kulit, air kelapa juga dapat mengatasi masalah rambut rontok. Kandungan glukosa, asam amino, fruktosa, sakarosa, mineral, dan sukrosa dapat membantu mengatasi rambut rontok akibat ketombe.

Penggunaan air kelapa sebagai obat mengatasi rambut rontok yaitu, dengan cara mencampurkan garam ke air kelapa hijau, kemudian diamkan semalam

Mencegah dehidrasi dan mengobati demam

Terdapatnya zat pada air kelapa, dapat membantu menurunkan panas demam. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama, yaitu dengan cara campurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalaman air hangat, lalu diminumkan kepada penderita demam.

Dengan kandungan air yang tinggi, air kelapa hijau memberikan manfaat pada tubuh untuk mencegah dehidrasi dalam proses kinerja fisik dan mental.

Meningkatkan fungsi otak 

Kandungan asam glutamat dan asam gama aminobutirat (GABA) pada air kelapa hijau, bisa meningkatkan kekuatan sel pada otak. 

Selain itu, air kelapa bisa mengatasi kesehatan mental seperti kecemasan, stres, dan depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×