Rekomendasi 6 obat kolesterol alami, bahannya mudah didapat

Jumat, 12 Maret 2021 | 10:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rekomendasi 6 obat kolesterol alami, bahannya mudah didapat

ILUSTRASI. Vitamin C dari buah-buahan bisa jadi salah satu obat kolesterol alami. KONTAN/Muradi/2017/04/06

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat dalam. Saat jumlahnya terlalu banyak, kesehatan tubuh Anda bisa terganggu. Untuk menurunkan risiko berbagai jenis penyakit, cobalah untuk mengonsumsi obat kolesterol alami.

Beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi dapat jadi penurun kolesterol alami. Dengan begitu, kemungkinan kolesterol menumpuk dan menimbulkan plak di pembuluh darah pun berkurang. Artinya, aliran darah menjadi lebih lancar.

Pembuluh darah juga bisa berfungsi secara lebih optimal untuk mengantar oksigen dan nutrisi penting ke seluruh bagian tubuh. Jumlah kolesterol yang lebih terkontrol mampu menurunkan risiko penyakit fatal, seperti serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Apel

Cara menurunkan kolesterol pertama yang perlu Anda coba adalah dengan mengonsumsi apel secara rutin. Mengutip dari Common Sense Home (commonsensehome.com), jumlah kolesterol jahat wanita berusia tua turun hingga 23%.

Sedangkan jumlah kolesterol baik atau HDl meningkat hingga 4%. Untuk mendapat hasil tersebut, Anda perlu mengonsumsi apel setiap hari selama enam bulan. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, apel juga mampu menurunkan berat badan hingga sekitar 1.5 kg.

Baca Juga: 8 Obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bahannya mudah didapatkan

Oatmeal

Selain apel, mengonsumsi oatmeal juga bisa jadi cara mengatasi kolesterol. Serat dalam oatmeal dapat menurunkan kolesterol dan menjaga sistem pencernaan Anda. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan makanan bergizi yang lain.

Teh Hijau

Jika Anda mencari obat herbal kolesterol, maka teh hijau adalah salah satu pilihannya. Sebuah penelitian menunjukkan, partisipan yang mengonsumsi enam gelas teh hijau setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Vitamin C

Cara mengobati kolesterol juga bisa Anda lakukan dengan memperbanyak asupan vitamin c, lo. Jenis vitamin itu berperan sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah inflamasi dalam tubuh. Ada banyak sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi.

Misalnya, jeruk, lemon, anggur, kiwi, nanas, dan lain sebagainya. Anda pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen secara rutin, ya. Hal itu dilakukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Menderita kolesterol? Ini bahan alami yang efektif menurunkan kolesterol

Minyak Kelapa

Obat kolesterol alami lainnya yang dapat Anda coba adalah minyak kelapa. Melansir Common Sense Home, mengonsumsi 2 sdm minyak kelapa setiap hari mampu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi lingkar pinggang.

Bawang Putih

Bawang putih termasuk salah satu obat kolesterol alami.

Tidak hanya bahan-bahan di atas, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat kolesterol alami. Kandungan antivirus, antibakteri, dan antijamur dalam bawang putih pun berguna untuk menurunkan tekanan darah Anda. Jadi, risiko penyakit jantung bisa berkurang.

Selanjutnya: Ini 8 tanda kolesterol tinggi yang sering tak disadari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru