Tips Sehat

Rekomendasi 5 cara menghilangkan panu dengan bahan alami

Senin, 22 Maret 2021 | 11:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rekomendasi 5 cara menghilangkan panu dengan bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan panu adalah dengan memakai lidah buaya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelembaban, cuaca, dan kebersihan diri serta lingkungan yang tak terjaga jadi salah satu penyebab infeksi jamur di kulit sehingga panu bermunculan. Jika terus dibiarkan, kondisi kesehatan kulit Anda menjadi terganggu. Maka dari itu, cara menghilangkan panu perlu segera Anda lakukan.

Sebenarnya, ada banyak obat panu yang bisa Anda beli di apotek. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda. Tidak hanya mengobati panu, kandungan dalam bahan alami juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda pakai. Mulai dari minyak kelapa, cuka apel, tea tree oil, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, panu bisa berkurang dan kemunculannya bisa di kemudian hari bisa dicegah.

Lidah Buaya

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), lidah buaya jadi salah satu bahan alami yang efektif mengatasi masalah kulit, tidak terkecuali panu. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam lidah buaya cukup efektif mengobati jaringan kulit yang rusak sehingga kondisinya bisa membaik.

Baca Juga: Jangan dianggap remeh, 6 kebiasaan ini ternyata berefek negatif bagi kesehatan

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak antijamur sehingga berguna untuk mengatasi panu. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di atas daerah kulit yang memiliki panu sebanyak tiga kali dalam satu hari sehingga panu menghilang.

Cuka Apel

Sama seperti minyak kelapa, cuka apel mengandung banyak antijamur sehingga cocok digunakan sebagai cara menghilangkan panu. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 2 sdm cuka apel. Selain itu, mengaplikasikan campuran cuka apel itu secara langsung pada panu juga bisa dicoba.

Baca Juga: 8 Cara menghilangkan rasa gatal pada kulit

Bawang Putih

Pharmeasy merekomendasikan bawang putih sebagai bahan alami selanjutnya yang digunakan sebagai obat panu. Anda perlu menumbuk beberapa butir bawang putih hingga halus lalu campurkan sedikit minyak zaitun.

Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan campuran itu pada kulit berpanu selama 30 menit lalu bilas dengan air. Antijamur dan antimikroba yang terkandung dalam bawang putih akan bekerja secara efektif menghilangkan panu di kulit Anda.

Kunyit

Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan panu.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, panu juga bisa hilang dengan memakai kunyit. Jenis rempah itu mengandung antimikroba dan antiinflamasi yang membuat panu cepat hilang. Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk teh atau mengaplikasikannya secara langsung pada panu dengan mengolahnya jadi pasta terlebih dahulu.

Selanjutnya: 3 Masker wajah alami untuk remaja, bahannya mudah didapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru